Qatar Akan Bangun "Nusa Dua" Baru di Mandalika Seluas 100 Ha

Dimas Jarot Bayu
27 Desember 2017, 16:52
Edsus Pariwisata_Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Sejumlah wisatawan berfoto di objek wisata Bukit Cinta, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Kamis (27/4).

Pemerintah Qatar menunjukkan keseriusannya berinvestasi pariwisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Delegasi dari pemerintah Qatar membahas tindak lanjut investadi dengan Menteri Koordinator Maritim Luhut Pandjaitan.

Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman Arif Havas Oegroseno mengatakan, pemerintah Indonesia telah menyiapkan lahan lebih dari 100 hektare di Mandalika untuk investasi Qatar.

Havas mengatakan, nantinya di atas lahan tersebut akan dibangun lokasi wisata seperti di Nusa Dua, Bali."Kami ingin buat semacam Nusa Dua di sana," kata Havas di kantornya, Jakarta, Rabu (27/11).

(Baca: Investor Arab Saudi Incar Tiga Kawasan Wisata)

Rencananya, Qatar akan membangun resor dan hotel di KEK Mandalika. Qatar juga berencana meningkatkan kapasitas runway Bandara Lombok dari 2600 meter menjadi 3000 meter.

KEK Madalika memiliki kawasan seluas 1100 ha, selain Qatar, investor dari Perancis tertarik menanamkan investasinya seluas 120 hektar untuk kawasan hotel dan resort.

Havas mengatakan, berbagai rencana tersebut dibahas di kantornya setelah kunjungan Presiden Joko Widodo dan Menko Maritim Luhut Pandjaitan beberapa waktu lalu. Saat ini, pihaknya tengah menyusun perencanaan investasi tersebut. "Masih dibicarakan dulu detilnya," kata Havas.

Havas mengatakan, rencana investasi ini akan segera diselesaikan pada tahun depan. Alhasil, Qatar dapat berinvestasi dan mendorong pariwisata di wilayah KEK Mandalika tersebut. "Tahun depan, insyaAllah," kata Havas.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...