Siap Investasi US$ 100 Miliar, Korsel Lirik Proyek LRT & Kereta Cepat

Yuliawati
Oleh Yuliawati
20 Desember 2017, 12:57
LRT
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Tiang pancang LRT Tahap I.

Pemerintah Korea Selatan menyatakan ketertarikannya berinvestasi secara langsung dalam beberapa proyek infrastruktur di Indonesia. Korea Selatan di antaranya tertarik mengikuti tender pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta tahap II dan III dan juga kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Pernyataan ini disampaikan saat pertemuan antara Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pertanahan, Infrastruktur dan Transportasi Korea Selatan Kim Hyunmee.

Advertisement

"Kami mengalokasikan dana untuk pembiayaan infrastruktur negara-negara berkembang, tahun ini nilainya kami naikkan US$ 500 miliar dari jumlah tersebut, US$ 100 miliar kami alokasikan untuk negara-negara ASEAN," kata Kim, seperti dikutip dari siaran pers Kemenko Maritim, Rabu (20/3).

(Baca: Adhi Karya Siapkan LRT Tahap Kedua Rute Cibubur - Bogor)

Kim mengatakan Korea Selatan telah berkomitmen untuk turut serta dalam pembiayaan LRT tahap II dan III tetapi yang masih diharapkannya adalah kepastian investasi. "Korea Selatan sangat tertarik mengikuti tender LRT, produk kami ini sudah terkenal secara global," kata Kim.

Dalam pertemuan tersebut, Kim juga menyatakan keberhasilan Korea Selatan membangun kereta api cepat yang diadaptasi dari teknologi Perancis. Sebelumnya Kemenko Maritim melakukan kajian kereta cepat Jakarta-Surabaya dengan membandingkan teknologi dan pendanaan antara Korea Selatan, Jepang dan BPPT.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement