Krakatau Steel Gandeng Perusahaan Jepang Produksi Baja untuk Otomotif

Dimas Jarot Bayu
15 Desember 2017, 15:37
GIIAS 2017
Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada acara GIIAS 2017 di Tangerang, Banten, Kamis (10/08).

PT Krakatau Steel bekerja sama dengan perusahaan Jepang, Sango Corporation, dalam mengembangkan produk baja wire rod. Kedua perusahaan bekerja sama memproduksi baja jenis wire rod untuk kebutuhan sektor otomotif, dengan investasi mencapai US$ 95 juta.

"Dari Sango, Jepang, merealisasikan investasi untuk wire rod industri otomotif. Ini merupakan milestone ataupun tombak sejarah untuk industri otomotif, pendalaman struktur lagi," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di kantornya, Jakarta, Jumat (15/12).

Advertisement

Airlangga mengatakan, kerja sama antara Krakatau Steel dengan Sango dapat mengurangi impor produk baja wire rod dari luar negeri.

(Baca: Krakatau Steel dan Posco Bangun Klaster Baja Senilai Rp 53 Triliun)

Lewat kerja sama, Sango dapat memproduksi wire rod melalui fasilitas yang dimiliki Krakatau Steel. Alhasil, Indonesia dapat menghemat devisa negara untuk impor wire rod hingga sebesar 40 ribu ton per tahun.

"Itu nilainya sekitar US$ 24 juta per tahun," kata Airlangga.

Dengan adanya kerja sama ini, Airlangga menilai kontrol kualitas dan distribusi produk wire rod akan semakin terjaga. Alhasil, suplai kepada industri otomotif dan suku cadang di Indonesia juga akan semakin baik.

"Kalau sebelumnya impor, kalau ada kerusakan selama shipment itu tidak bisa dikembalikan. Dengan diproduksi di Krakatau Steel maka kalau ada persoalan kualitas itu bisa digantikan secara lebih mudah," kata Airlangga.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement