Pengusung Airlangga Hartarto Enggan Munaslub Golkar Ditunda

Dimas Jarot Bayu
12 Desember 2017, 20:48
Mukernas Kosgoro
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ketua Umum Kosgoro1957 HR Agung Laksono (kedua kanan), bersama Presiden Ketiga RI selaku Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Golkar BJ Habibie, dan Wakil Ketua Umum Kosgoro, Airlangga Hartarto, Senin,(12/12).

Ketua Dewan Pimpinan Daerah I Partai Golkar Jawa Barat Dedi Mulyadi menilai seharusnya keputusan penyelenggaraan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) tak perlu menunggu hasil Rapat Pleno. Alasannya, lanjut Dedi, sudah ada usulan dari 34 DPD I agar DPP Golkar segera menyelenggarakan Munaslub.

"Sekarang 100% dari DPD I meminta melaksanakan Munaslub. Kewajiban DPP adalah tunduk pada AD/ART partai dan itu sudah lebih dari persyaratan yang ditetapkan," kata Dedi di Hotel Menara Peninsula, Jakarta, Selasa (12/12).

Advertisement

Sebagian besar DPD Golkar mendukung Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto sebagai kandidat Ketua Golkar. Airlangga mendapat dukungan 32 dari 34 DPD I Golkar. Selain Airlangga, calon Ketua Golkar pengganti Setya Novanto di antaranya Siti Hediati Hariyadi atau lebih dikenal dengan Titiek Soeharto.

(Baca: Golkar Bahas Munaslub & Pengganti Setnov Setelah Hasil Praperadilan)

Dedi lebih lanjut mengatakan, DPP seharusnya hanya tinggal menentukan jadwal dan lokasi pelaksanaan Munaslub. Tak perlu ada lagi perdebatan panjang lagi terkait apakah penyelenggaraannya akan dilaksanakan atau tidak.

Karenanya, Dedi mengatakan DPD I akan memantau jalannya Rapat Pleno. Jika hasil Rapat Pleno tak sesuai harapan DPD I, maka pihaknya akan mengambil langkah penyelamatan partai.

"Ada langkah yang diatur AD/ART. Nanti kami persiapkan," kata Dedi.

Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Agung Laksono berharap jadwal Munaslub dapat ditentukan dalam Rapat Pleno mendatang. Agung pun meminta agar Munaslub dilaksanakan sebelum 20 Desember 2017.

"Kalau bisa Rapat Pleno DPP itu sudah langsung memutuskan kepastian tanggal dan kita harapkan sebelum tanggal 20 Desember," kata Agung.

Halaman:
Editor: Yuliawati
    Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

    Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

    Ikuti kami

    Artikel Terkait

    Video Pilihan
    Loading...
    Advertisement