Marsekal Hadi Jadi Panglima, Jenderal Gatot Bertahan di Mabes TNI

Ameidyo Daud Nasution
8 Desember 2017, 19:53
Pelantikan Panglima TNI
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Mantan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kanan) bersama pejabat baru Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) melakukan salam komando usai upacara pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (8/12).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sore ini melantik Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Prosesi pelantikan Hadi diawali pembacaan surat Keputusan Presiden Nomor 83 TNI Tahun 2017 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI.

"Mengangkat Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP. dengan NRP 509043 sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia," ujar Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Cecep Sutiawan.

Advertisement

Setelah itu Presiden Jokowi kemudian menyematkan tanda pangkat di pundak Hadi, dan kemudian memimpin pengambilan sumpah jabatan atas Hadi. Selama pengambilan sumpah, seorang tokoh agama menaruh Al Quran di atas kepala Hadi.

"Saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini tidak memberi atau menyanggupi akan memberikan sesuatu kepada siapapun juga," kata Jokowi ditirukan Hadi.

(Baca: Visi Misi Marsekal Hadi Bahas Ancaman Siber, Proxy War, dan Tiongkok)

Pelantikan ini dihadiri beberapa pejabat negara dan tokoh politik, seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, para pimpinan DPR RI dan MPR RI , termasuk Jenderal Gatot Nurmantyo.

Usai pelantikan, Gatot Nurmantyo menyatakan dirinya masih tetap menjabat sebagai perwira tinggi TNI hingga dirinya pensiun pada Maret 2018.  “Tidak akan pensiun dini,” kata Gatot.

Posisi Gatot yang akan menjadi bawahan Hadi, membuatnya enggan memberikan pesan kepada mantan Komandan Lapangan Udara Adi Soemarmo tersebut. "Jadi tidak etis saya beri nasihat ke pak Hadi." kata Gatot. 

(Baca: Jenderal Gatot Siap Berhenti sebagai Panglima TNI Sebelum Masa Pensiun)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement