Genjot Industri, Kemenperin Klaim Tingkatkan Sinergi dengan Pengusaha

Dimas Jarot Bayu
8 Desember 2017, 16:56
Wintor
ANTARA FOTO/HO/Hilman
Presiden Joko Widodo (kanan) mencoba alat angkut perkebunan Wintor, dihadiri Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto.

Kementerian Perindustrian menyatakan komitmennya untuk meningkatkan sinergi dengan dunia usaha. Langkah ini dilakukan untuk mendorong industri nasional memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi.

"Selain berperan penting menjadi penggerak ekonomi, industri juga membawa multiplier effect melalui peningkatan terhadap nilai tambah bahan baku dalam negeri, penyerapan tenaga kerja lokal, dan penerimaan devisa," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Jumat (8/12).

Airlangga menyatakan kementeriannya terus berupaya meningkatkan daya saing industri nasional agar semakin kompetitif di kancah global. Salah satu program strategis yang telah dilaksanakan, antara lain hilirisasi industri berbasis agro dan tambang mineral.

(Baca: Indonesia – Korea Selatan Kerja Sama Kembangkan 9 Sektor Industri)

Airlangga mengatakan, melalui program tersebut jumlah ragam produk hilir kelapa sawit telah bertambah menjadi 154 produk pada periode 2015-2017 dari sebelumnya 126 produk pada 2014. Peningkatan tersebut diikuti pula oleh rasio ekspor produk turunan kelapa sawit dari 66% menjadi 78%.

“Di sektor logam, pada periode tahun 2015-2017 telah berproduksi industri smelter terintegrasi dengan produk turunannya berupa stainless steel dengan kapasitas dua juta ton. Jika dibandingkan tahun 2014, hanya mencapai 65 ribu ton produk setengah jadi berupa feronikel dan nickel matte,” kata Airlangga.

Airlangga juga menyebut kementeriannya tengah memacu pengembangan sektor padat karya berorientasi ekspor, antara lain industri alas kaki, tekstil dan produk tekstil, makanan dan minuman, furnitur kayu dan rotan, serta industri kreatif.

“Kami telah mengusulkan agar sektor ini mendapatkan insentif fiskal berupa pemotongan pajak penghasilan yang digunakan untuk reinvestasi,”kata dia.

(Baca juga:  Menperin Bujuk Lotte untuk Percepat Investasi Kimia)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...