Kementerian BUMN Targetkan Holding Migas Kejar Pemerataan Pipa Gas

Miftah Ardhian
5 Desember 2017, 17:27
pipa gas pertamina
Arief Kamaludin|Katadata
Ilustrasi pembangunan pipa gas.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal segera merealisasikan rencana pembentukan perusahaan induk (holding) sektor minyak dan gas bumi (migas) menyusul holding pertambangan. Salah satu fokus utama realisasi rencana ini yakni membangun jaringan pipa gas yang merata ke seluruh pelosok tanah air.

Staf Khusus Menteri BUMN Wianda Pusponegoro menuturkan, tujuan dari pembentukan holding migas ini adalah agar PT Pertamina (Persero) bersama dengan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dapat bersinergi membangun pipa gas secara merata. Dengan holding, pemerintah akan semakin mudah memberi penugasan kepada Pertamina untuk menyusun sinergi operasi dengan PGN dan anak usahanya.

"Kami tidak perlu membangun ruas pipa secara bersamaan antara dua perusahaan anggota. Sebab itu sangat tidak efektif dari segi anggaran," ujar Wianda saat acara diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertajuk "Mengapa Perlu Holding BUMN?" di Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (5/12).

(Baca: DPR Nilai Holding Migas Merugikan Masyarakat)

Wianda menjelaskan, PGN memiliki kemampuan yang kuat dalam memiliki dan membangun pipa distribusi di bawah 18 inci, sehingga dapat menjangkau ke daerah yang kecil. Sedangkan Pertamina dapat berperan sebagai penyedia gas dari hulu, dengan mengembangkan lapangan baru atau lapangan yang telah beroperasi sebelumnya, dan juga akan mengalirkan ke pipa transmisi yang lebih besar.

Pemerataan pembangunan pipa gas ini, menurut dia, tentunya membutuhkan sumber-sumber gas utama. Dengan holding migas, katanya, maka lapangan-lapangan gas yang selama ini sulit dieksploitasi bisa dikembangkan dengan kemampuan masing-masing perusahaan. Pertamina dapat bertugas untuk mengembangkan lapangan sebagai penyedia gas dan PGN berperan membangun infrastruktur gas.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...