Tarif Final Kereta Bandara Soekarno Hatta Tunggu Peresmian oleh Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
28 November 2017, 20:40
Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta (KA Basoetta) tiba di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta saat uji coba perdana di Tangerang, Banten, Sabtu (25/11).

Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno menyatakan pemerintah belum memastikan tarif kereta bandara Soekarno Hatta. Keputusan harga tiket akan ditentukan ketika moda transportasi ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami masih pelajari, (perbandingan) kalau naik taksi berapa. Nanti kami usulkan ke Presiden," kata Rini usai menjajal kereta tersebut di stasiun Sudirman, Jakarta, Selasa (28/11).

Rencananya, Jokowi akan meresmikan pengoperasian kereta bandara pada awal Desember. Peresmian menunggu kesiapan pekerjaan teknis berupa pembersihan dan stabilisasi trek kereta. "Mungkin di atas tanggal 7 Desember (diresmikan Jokowi)," ujar Rini.

(Baca juga: Beroperasi Awal Desember, Tarif Promo Kereta Bandara Soetta Rp 30 Ribu)

Meski belum ada kejelasan harga tiket final, Rini memastikan akan ada tarif promosi pada tahap awal pengoperasian hingga 31 Desember 2017, antara Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu. Mulai tanggal 1 Januari 2018 akan diberlakukan tarif normal, dengan perkiraan harga tiket sekitar Rp 100 ribu.

Rini mengatakan, kemungkinan pemerintah tak akan memberikan subsidi berupa Public Service Obligation (PSO) karena dapat membebani anggaran negara. Meski demikian, Rini berharap berlaku harga yang kompetitif dan dapat terjangkau masyarakat.

"Saya harapkan kereta ini bisa berdiri sendiri tanpa membebani anggaran negara," ujarnya. (Baca juga: Pertama Sejak Berdiri, Obligasi PT KAI Rp 2 Triliun Diserbu Investor)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...