Polisi Klaim Sketsa Terbaru Penyiram Novel Baswedan Capai Akurasi 90%

Dimas Jarot Bayu
24 November 2017, 16:51
Kasus Novel Baswedan
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Penyidik senior KPK Novel Baswedan pascainsiden penyiraman air keras ke wajahnya.

Polisi kembali mengungkap sketsa wajah orang yang diduga sebagai pelaku penyiraman air keras terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan. Akurasi sketsa wajah  yang dirilis Polda Metro Jaya diklaim mencapai 90%.

Kapolda Metro Jaya Irjen (Pol) Idham Azis menyampaikan sketsa usai bertemu pimpinan KPK. Idham mengatakan, sketsa tersebut merupakan hasil kerja sama Polda Metro Jaya dengan Australian Federal Police (AFP) dan Pusat Indonesian Automatic Fingerprints Identification System (Inafis) Card Mabes Polri.

Advertisement

Ketiganya melakukan analisis terhadap CCTV yang berada di sekitar lokasi peristiwa untuk membuat sketsa tersebut. "Karena beberapa CCTV yang ada di TKP yang kami kumpulkan itu memang membutuhkan kerja sama dengan luar negeri," kata Idham di gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/11). 

(Baca: Pimpinan KPK Didesak Bentuk TGPF Kasus Novel Baswedan)

Sketsa juga dibentuk berdasarkan keterangan para saksi di sekitar lokasi peristiwa. Idham mengatakan, terdapat 66 saksi yang sudah diperiksa penyidik atas perkara ini. "Dari beberapa saksi yang kami lakukan dua sampai tiga bulan belakangan, mengerucut pada dua orang yang diduga sebagai pelaku penyiraman terhadap korban," kata Idham.

Idham mengatakan, sketsa yang dibuat berdasarkan keterangan dari saksi berinisial S dan SN. "Kedua orang ini yang diduga terlibat di dalam penyiraman korban atas nama Novel Baswedan," kata Idham.

Guna mempercepat proses pencarian, polisi pun membuka layanan telepon dengan nomor 0813-9884-4474. Menurut Idham, layanan tersebut buka selama 24 jam dan berkantor di Polda Metro Jaya.

"Kami berharap kerja sama serta bantuan dari masyarakat untuk bisa memberi informasi ke jajaran Polda Metro Jaya atau KPK kalau memang ada yang bisa memberikan informasi," kata Idham.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement