Menteri Beda Pendapat soal KEK Bekasi, Luhut: Tunggu Hasil Kajian

Dimas Jarot Bayu
10 November 2017, 17:40
Riady luhut
ANTARA FOTO/Lucky R.
Pendiri Lippo Group Mochtar Riady (kanan) bersama Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat UPH College Festival 2017 di Grand Chapel Universitas Pelita Harapan, Tangerang, Banten, Rabu (22/2/2017).

Beberapa menteri kabinet memiliki perbedaan pendapat mengenai kajian Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di wilayah Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penolakan atas usulan pembentukan KEK tidak tepat karena masih menunggu hasil kajian.

“Kami belum tahu hasil studinya. Tidak (berdasarkan) suka atau tidak suka. Hasil studi yang nanti jadi acuan,” kata Luhut di Kantor Kementerian Koordinator Maritim, Jakarta, Jumat (10/11).

Advertisement

Luhut menyatakan hasil kajian itu yang akan membuktikan apakah pembentukan KEK di kawasan Bekasi dan sekitarnya sudah tepat atau tidak. Dia meminta pihak-pihak yang tidak sepakat dengan usulan tersebut menunggu kajian.  Rencananya, kajian ini akan diselesaikan dalam dua pekan sejak Kamis (2/11) lalu.

(Baca: Luhut Dorong KEK Bekasi, Kepala Bappenas: Cocoknya Jadi Metropolitan)

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyatakan KEK lebih cocok dioperasikan di wilayah luar Pulau Jawa. "KEK itu cocoknya luar Jawa, tapi nanti kami akan lihat kembali," kata Airlangga kepada Katadata, Kamis (9/11).

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengungkapkan pembentukan KEK di wilayah Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta tidak layak. Kawasan tersebut, dianggap sudah berkembang pesat, telah memiliki fasilitas pembangunan infrastruktur dan tak memerlukan insentif fiskal.

"Jadi yang akan kami dorong adalah pengembangan kawasan metropolitan karena kawasan metropolitan Jakarta masih terpaku seolah hanya Jabodetabek," kata Bambang di kantornya, Jakarta, Senin (6/11).

(Baca: Meikarta Masuk KEK Bekasi, Bakal Dapat Kemudahan Investasi)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement