Segera Dijual, Jalan Tol Becakayu Sudah Diminati Investor Lokal

Miftah Ardhian
7 November 2017, 17:49
Jokowi
www.setkab.go.id
Presiden Joko Widodo meresmikan selesainya pembangunan Tol Becakayu Seksi I B dan I C (Cipinang - Jakasampurna), Jumat (3/11).

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan akan segera menjual Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi I B dan I C (Cipinang - Jakasampurna) yang baru saja rampung dan akan mulai beroperasi akhir pekan ini. Perusahaan pelat merah ini mengklaim tol tersebut telah diminati oleh investor lokal dan segera menuju tahap negosiasi.

Direktur Keuangan Waskita Tunggul Rajagukguk menjelaskan, pihaknya memang berencana untuk melepas atau menjual seluruh jalan tol yang dimilikinya saat ini, sebanyak 18 ruas jalan tol. Namun, dalam perekembangannya, ruas tol yang sudah diminati dan memiliki peluang terealisasi lebih besar adalah tol Becakayu.

Tunggul menyatakan, telah ada investor yang berminat dan segera melakukan penawaran. "Kalau Becakayu (yang berminat membeli) investor lokal," ujar Tunggul saat ditemui di Hotel Ritz-Charlton, Jakarta, Selasa (7/11).

(Baca: Baru Diresmikan Jokowi, Tol Becakayu Akan Segera Dijual)

Waskita bakal menjual tol Becakayu, karena selama ini tak pernah menjalankan bisnis sebagai operator jalan tol, hanya sebagai kontraktor. Investor yang membeli tol ini pun akan mendapatkan arus kas (cashflow) dari tarif yang ditetapkan yakni Rp 14 ribu yang akan mulai diberlakukan pada pertengahan bulan ini.

Beberapa ruas tol yang akan dijual adalah beberapa ruas di sepanjang tol Trans Jawa, meliputi Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, dan Pasuruan-Probolinggo. Sedangkan, ruas tol lainnya yakni di Palembang yaitu Sriwijaya Makmur Toll Road dan ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...