Anies Akan Gandeng Program Sejuta Rumah Jokowi dengan DP 0 Rupiah

Dimas Jarot Bayu
2 November 2017, 10:39
Anies Baswedan dan Sandiaga Uno
Antara Foto/Wahyu Putro
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno mendapatkan ucapan dari Presiden Jokowi dan Iriana, di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/10).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah mengkaji skema pendanaan perumahan untuk program DP 0 Rupiah yang dicanangkan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Program yang merupakan salah satu janji kampanye ketika Pilkada 2017, berencana direalisasikan dengan menggandeng Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta Doni P. Joewono mengatakan, menggandeng Program Sejuta Rumah milik pemerintah pusat merupakan salah satu skema alternatif yang disiapkan. Nantinya program DP 0 Rupiah akan digabungkan dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

(Baca: Pimpin Jakarta, Anies-Sandi Hadapi Lima Isu Krusial)

Menurut Doni, dengan penggabungan tersebut Pemprov DKI hanya akan mensubsidi 1% dari nilai hunian vertikal sebesar Rp 350 juta untuk uang muka. Sehingga, Pemprov hanya akan mengeluarkan subsidi sebesar Rp 3,5 juta per unit.

"Jadi kalau bisa kerjasama dengan FLPP hanya mengeluarkan uang Rp 3,5 juta dikali 50.000 rumah per tahun cuma Rp 167 miliar," kata Doni di Balai Kota, Jakarta, Rabu (1/11).

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...