Lippo Topping Off Meikarta, DPRD Bekasi: Itu Pakai IMB Orange County

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Yuliawati
26 Oktober 2017, 18:20
Meikarta
Arief Kamaludin|KATADATA
Kawasan yang akan dibangun Meikarta di Cikarang, Bekasi.

Lippo Group mengumumkan akan melakukan topping off atau penutupan atap bangunan sebagai tanda berakhirnya proses kontruksi dua tower pertama megaproyek Meikarta di Cikarang, Bekasi pada 29 Oktober 2017. Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengantongi surat Izin Mendirikan Bangunan atas pembangunan dua tower tersebut.

"Kegiatan topping off ini merupakan bentuk nyata dimulainya pembangunan kota baru Meikarta. Topping off ini merupakan bentuk komitmen kami kepada para pembeli bahwa kami membangun Meikarta ini dengan kecepatan tinggi," kata Ketut di Jakarta, Kamis (26/10).

Ketut menyatakan IMB yang telah dikantongi bernomor 503/096/B/BPMPPT. Dia menyatakan diperkirakan pada 2018 nanti dua tower tersebut akan segera rampung.  (Baca: Sengkarut Izin dan Pemasaran Megaproyek Meikarta)

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Yudi Darmansyah, meluruskan pernyataan mengenai IMB Meikarta yang diklaim oleh Lippo. Ia mengatakan hingga kini DPRD dan pemerintah Kabupaten Bekasi belum menerima rekomendasi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kabupaten Bekasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

RDTR ini yang didalamnya mengatur Kawasan Lippo Cikarang seluas 84,6 hektar yang disebut-sebut sebagai bakal megaproyek Meikarta. "Tanpa ada rekomendasi RDTR, tak bisa memberikan Amdal atau IMB. Jadi sampai sekarang proyek Meikarta seluas 84,6 hektare itu belum memiliki IMB," kata Yudi.

Yudi menjelaskan, dua tower yang telah diselesaikan oleh Lippo Grup merupakan menara yang selama ini berada dalam proyek Orange County. "Proyek itu sudah ada terlebih dahulu, jauh sebelum dikenal proyek Meikarta," kata Yudi.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...