Alumni ITB Protes Klaim Luhut soal Dukungan Reklamasi Teluk Jakarta

Dimas Jarot Bayu
25 Oktober 2017, 09:36
Reklamasi
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Seorang warga berjoget saat menghadiri kampanye calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (8/2/2017).

Sebanyak 1.325 alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) menandatangani petisi menolak reklamasi Teluk Jakarta. Dalam petisi tersebut, mereka memprotes pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang mengesankan dukungan alumni ITB terhadap rekomendasi pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta.

"Alumni ITB selalu mengedepankan kepentingan rakyat, dengan tegas menolak pelaksanaan reklamasi di Teluk Jakarta," kata salah satu perwakilan alumni ITB Teknik Geodesi angkatan 1991, Ayub Laksono yang membacakan petisi, Selasa (24/10).

Advertisement

Ayub menjelaskan Alumni ITB menyatakan menolak keras pernyataan Luhut yang mengklaim telah meminta pertimbangan sejumlah pihak. Luhut menyebutkan di antaranya Ketua Ikatan Alumni ITB Ridwan Djamaluddin yang juga menjabat Deputi Bidang Koordinasi Kemenko Kemaritiman, sebagai pemberi pertimbangan.

(Baca juga: Luhut Teken Surat Keputusan, Reklamasi Teluk Jakarta Dilanjutkan)

Pertimbangan Ridwan dianggap dalam kapasitas pekerjaannya sebagai anak buah Luhut, bukan sebagai Ketua Ikatan Alumni ITB. "Ikatan Alumni ITB haruslah independen tidak bisa diintervensi oleh siapapun," kata Ayub.

Selain itu, mereka juga mendesak Presiden RI Joko Widodo untuk membatalkan pencabutan moratorium (penghentian sementara) reklamasi Teluk Jakarta. Mereka pun meminta agar pelaksaanan proyek tersebut dihentikan.

Ayub menuturkan, untuk pulau-pulau reklamasi yang dibangun perlu dilakukan kajian mendalam. Hal ini dilakukan agar keberadaan pulau-pulau tersebut tidak merugikan kepentingan rakyat banyak dan berdampak terhadap lingkungan. "Hal tersebut dilakukan dengan memperhatikan sepenuhnya amanat konstitusi kita UUD 1945," kata Ayub.

(Baca: Soal Reklamasi, Prabowo Ingatkan Anies-Sandi Akomodasi Pengusaha)

Lebih lanjut petisi itu menyebutkan perlunya pemerintah memperhatikan masalah reklamasi karena hal tersebut telah menjadi isu nasional, bukan lagi hanya DKI Jakarta. Karenanya, mereka mengajak segenap mahasiswa dan alumni perguruan tinggi lainnya untuk bersama menolak pencabutan moratorium reklamasi Teluk Jakarta.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement