Survei Pollmark: 44,3% Responden Ingin Jokowi Kembali Jadi Presiden

Yuliawati
Oleh Yuliawati
23 Oktober 2017, 12:09
Jokowi di Tol Kualanamu
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol Trans Sumatera ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,72 km dan Medan-Binjai sepanjang 10,6 km yang telah siap dioperasikan.

Survei lembaga PollMark Indonesia menunjukkan sebanyak 44,3% responden menginginkan Joko Widodo (Jokowi) terpilih kembali menjadi presiden dalam ajang pemilihan umum 2019.

Dalam survei tersebut terekam alasan responden menginginkan Jokowi kembali sebagai presiden. Alasan terbanyak karena kinerja pemerintahan telah terbukti sebanyak 31,3%. Selain itu alasan responden lainnya karena menganggap Jokowi merakyat (23,8%), jujur dan tanggung jawab (10,1%) dan mampu melanjutkan program kerja sebelumnya (9,4%).

Pollmark mengadakan survei pada 9 - 20 September 2017 terhadap 2.250 responden dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error ±2,1% pada tingkat kepercayaan 95%. Setiap responden terpilih diwawancarai dengan metode tatap muka (face to face). Quality Control sebanyak 20% dari total sampel secara random, dengan cara mendatangi kembali responden.

(Baca: Survei CSIS: Kepuasan Publik Pada Jokowi-JK Naik Terus Jadi 68,3%)

Survei Pollmark juga menunjukkan 57,6% responden menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi. Sementara sebanyak 25,4% yang menyatakan tidak puas dan 5,3%.

Selama masa kepemimpinan Jokowi, sebanyak 51,3% responden menganggap presiden berhasil meningkatkan pembangunan infrastruktur seperti pembangunan jalan raya, jalan tol, tol laut, rel kereta api, pelabuhan, stasiun kereta api, hingga rumah sakit.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...