Pengusaha Lokal Menang Lelang Bangun PLTMH di Dua Bendungan

Ameidyo Daud Nasution
10 Oktober 2017, 15:28
Bendungan
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Bendungan Colo, Nguter, Sukoharjo.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut dua pengusaha swasta lokal telah memenangkan lelang pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) di dua bendungan yang telah terbangun, yakni Gerak Serayu, Banyumas, Jawa Tengah dan Jatibarang, Semarang, Jawa Tengah.

"Selanjutnya mereka akan lakukan kajian lebih serius," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Imam Santoso di Gedung Kementeian PUPR, Jakarta, Selasa (10/10). Namun sayangnya Imam tidak menyebut siapa dua investor tersebut.

Potensi listrik bendungan Gerak Serayu mencapai 5 megawatt, sedangkan Jatibarang mencapai 1,5 megawatt. Skema yang digunakan oleh swasta tersebut adalah Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Investor tersebut juga akan membahas Power Purchasing Agreement (PPA) dengan PT. Perusahaan Listrik Negara.

Selain dua bendungan ini, terdapat 14 bendungan yang memiliki potensi listrik total untuk PLTMH yang akan ditawarkan ke swasta. Namun, pemerintah belum menentukan jadwal pelelangan untuk keseluruh bendungan tersebut.

"Proses lelang pembangunan PLTMH sedang berjalan," kata Imam.  (Baca: Jokowi Percepat Target Proyek Bendungan Terbesar Ketiga Indonesia)

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...