Pengamanan Super Ketat di Rumah Tahanan Baru Koruptor

KPK meresmikan rumah tahanan baru dengan berbagai alat pengamanan canggih dengan penjagaan super ketat.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
6 Oktober 2017, 17:45
rumah tahanan KPK
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Petugas berjaga di depan rumah tahanan KPK di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Jumat (6/10).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meresmikan rumah tahanan (rutan) baru di Gedung Merah Putih KPK Jakarta, Jumat (6/10). Rutan dengan luas 839,4 meter persegi dilengkapi berbagai alat pengamanan canggih dan penjagaan super ketat.

KPK menerapkan mekanisme khusus untuk kunjungan ke rutan ini. Setiap pengunjung wajib melakukan registrasi terlebih dahulu di pintu masuk. Kemudian, petugas akan mengambil foto dan sidik jari pengunjung. Barang-barang pengunjung pun akan diperiksa menggunakan mesin x-ray.

Ketua KPK Agus Rahadjo mengatakan penghuni hanya mendapatkan sesi kunjungan dari penasihat hukum tersangka pada Senin-Jumat setiap jam kerja. "Sementara, setiap Senin dan Kamis untuk keluarga," kata Agus.

Rutan baru ini juga KPK menggunakan sistem database pemasyarakatan online. Sistem ini digunakan sebagai mekanisme pelaporan dan konsolidasi pengelolaan data warga binaan pemasyarakatan.  (Baca: Ombudsman Temukan 963 Kasus Dugaan Maladministrasi di Empat Lapas)

"Yang berfungsi sebagai alat bantu kerja sesuai kebutuhan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan, Divisi Pemasyarakatan, dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan," kata Agus.

Rutan terdiri dari dua lantai dengan kapasitas 37 tahanan, antara lain 29 tahanan pria dan delapan tahanan perempuan. Di dalam rutan, terdapat lima sel isolasi yang diperuntukkan sebagai tempat orientasi tahanan baru.

Sel isolasi diperuntukkan bagi satu tahanan. Sementara, sel biasa masing-masing berkapasitas 3 dan 5 tahanan dan kamar mandi di dalamnya. 

Secara rinci, sel biasa bagi tahanan pria terdiri dari empat kamar berkapasitas lima orang, dua kamar berkapasitas tiga orang, dan tiga kamar berkapasitas satu orang. Utntuk perempuan ada dua kamar berkapasitas tiga orang dan dua kamar berkapasitas satu orang.

"Saat tiba, tahanan akan mendapatkan sprei, sarung bantal, selimut, perlengkapan mandi, dan satu stel baju training olahraga," kata Agus. (Baca: Transaksi 1,2 Juta Butir Ekstasi 'Minion' Dikendalikan dari Lapas

Agus menuturkan, dalam rutan KPK tersebut akan difasilitasi ruang olahraga dan ruang bertemu para tahanan. Selain itu, ada juga poliklinik dan ruang makan bersama bagi para tahanan.

Untuk ruang olahraga, tahanan pria pada tanggal genap dapat masuk selama pukul 06.00-08.00 WIB. Tahanan perempuan dapat masuk pukul 17.00-18.00 WIB.

Adapun pada tanggal ganjil, tahanan pria dapat masuk pukul 17.00-18.00 WIB. Sementara tahanan perempuan dapat masuk ruang olahraga pada pukul 06.00-08.00 WIB.

Rutan baru ini dihuni 11 tahanan KPK yang dipindahkan dari Rutan Gedung KPK Kavling C1. Alasannya, rutan yang terletak di gedung lama KPK itu akan direnovasi.

"Sore nanti tahanan di Rutan Gedung KPK Kavling C1 akan dipindahkan ke Cabang Rutan KPK Gedung Merah Putih," kata Agus.

Dari jumlah tersebut terdapat lima tahanan perempuan yang akan dipindahkan, yakni Siti Mashita, Miryam S Haryani, Suryana, Syuhadatul, dan NG Fenny. Sementara, 6 pria yang akan dipindah, yakni Andi Agustinus, Rochmadi Saptogiri, Hendra kurniawan, Yunus Nafik, Tubagus Iman Ariyadi, dan Sujendi Tarsono.

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait