Tiga Tahun Jokowi-JK, Pembangunan Tol Capai 560 Kilometer

Miftah Ardhian
6 Oktober 2017, 11:40
Tol Sumatera
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi
Pekerja menyelesaikan proyek pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai seksi III, di Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (3/6).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memamerkan pencapaian yang telah dilakukan perusahaan pelat merah dalam tiga tahun pemerintahan Jokowi-JK.  Salah satu pencapaian pembangunan jalan tol yang sudah beroperasi mencapai 560 kilometer.

Rini menjelaskan, selama tga tahun periode kepemimpinan Jokowi-JK, banyak hal yang telah dilakukan, khususnya terkait dengan kontribusi BUMN. Rini mengatakan, salah satu yang patut dibanggakan adalah pembangunan jalan tol yang sangat signifikan, tetapi bukah hanya di Pulau Jawa, melainkan juga di Pulau Sumatera dan Kalimantan.

"Sebagai contoh saja dari 2004-2014 penambahan pembangunan jalan tol 390 kilometer. Tapi selama tiga tahun dari awal 2015 sampai hari ini sudah terbangun selesai, sudah bisa dipakai 560 kilometer," ujar Rini saat acara bincang dengan media di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis malam (4/10). 

(Baca juga: Pemerintah Cari Alternatif Pendanaan Jalan Tol 'Sepi Peminat'

Rni menilai, dengan pembangunan jalan tol ini, bisa membangkitkan perekonomian daerah. Alasannya, pembangunan infrastruktur akan menyerap banyak tenaga kerja, membuat arus logistik semakin lancar, dan menggiatkan kegiatan ekonomi di wilayah tersebut.

Rini mengatakan memang banyak BUMN yang melakukan pembangunan yang menyebabkan banyak pihak mempersoalkannya. Tetapi, Rini menekankan, sebetulnya, di tahun 1996 sebelum masa pemerintahan Jokowi-JK, izin pembangunan jalan tol lebih banyak dipegang swasta. Namun, perusahaan swasta tidak juga membangunnya karena masalah pembebasan lahan, bahkan hingga 2015.

Alhasil, BUMN mengambil alih proyek tersebut, yang sebagian membeli izin yang telah dipegang pihak swasta. "Sampai 2015, dianggap Internal Rate of Return (IRR) tidak cukup. BUMN akhirnya dapat penugasan utama kepada Hutama Karya didukung karya-karya lain. Insya Allah, Bakauheni-Palembang, Agustus 2018 bisa dilalui," ujar Rini. Sementara itu, Rini menargetkan, jalan tol Trans Jawa bisa tersambung dari Merak hingga Probolinggo pada akhir tahun 2018.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...