Atasi Ancaman Dunia Maya, Kepala Badan Siber Segera Dipilih Jokowi

Dimas Jarot Bayu
3 Oktober 2017, 18:26
jokowi
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Jokowi rencana akan memilih kepala Badan Siber dan Sandi Nasional dalam waktu dekat.

Presiden Joko Widodo akan segera menunjuk  Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)  pada Oktober ini. Penunjukkan setelah pemerintah merevisi Peraturan Presiden (Perpres) terkait BSSN yang telah diterbitkan sejak 19 Mei 2017.

Menko Polhukam Wiranto menjelaskan pemilihan Kepala BSSN dilakukan sesegera mungkin,  sehingga BSSN segera disiapkan.  "Secepat mungkin. Saya mengharapkan bulan ini selesai tuntas," kata Wiranto usai Rapat Koordinasi Tingkat Menteri di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta, Selasa (3/10).

Dia menyatakan calon kepala BSSN merupakan sosok yang memiliki kompetensi mengenai ancaman di dunia siber.  "Tentu presiden akan menunjuk personel yang punya kualifikasi, kompetensi masalah ini. Tunggu saja," kata Wiranto.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, nantinya Kepala BSSN dapat berasal dari kalangan profesional maupun pihak pemerintah.  "Punya kompetensi dan kapasitas kapasitas di bidang siber, siber attack khususnya," kata Rudiantara. (Baca: Ada WannaCry, Pemerintah Percepat Pembentukan Badan Siber Nasional)

Wiranto menambahkan, BSSN perlu dibentuk mengatasi ancaman siber yang saat ini terjadi. Ancaman dunia siber dimanfaatkan para teroris, pembobol bank, dan penyebar hoaks yang dapat membuat kegaduhan.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...