Menteri PUPR Tegur Grup Lippo yang Tak Konsultasi Proyek Meikarta

Ameidyo Daud Nasution
29 September 2017, 19:16
Meikarta
Arief Kamaludin|KATADATA

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, PT Lippo Cikarang Tbk tak pernah berkonsultasi terkait pembangunan megaproyek Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi. Padahal, kata Basuki, Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR patut diajak konsultasi sebelum pembangunan proyek besar tersebut.

"Saya lihat iklan Meikarta,  saat rapat pimpinan saya tanya BPIW, ternyata mereka tidak pernah (konsultasi)," kata Basuki di kantornya, Jakarta, Jumat (29/9).

Basuki pun menyayangkan sikap Lippo yang tak berkonsultasi dengan pihak Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Dia menegaskan konsultasi tersebut penting karena proyek kota baru akan mengubah tata ruang wilayah, moda transportasi, dan kebutuhan air.

"Pasti akan mengubah pola transportasi, kebutuhan air bersih, waste management, sanitasi, hingga persoalan banjir," kata Basuki. (Baca juga: Ombudsman dan YLKI Terima Keluhan dari Calon Pembeli Meikarta)

Belakangan, kata Basuki, memang President Lippo Group Theo Sambuaga melaporkan kepada dirinya soal proyek ini. Namun Basuki menjelaskan pentingnya konsultasi terlebih dahulu mengingat pengembangan kota baru seperti Meikarta. 

Basuki sedang mempertimbangkan membuat aturan yang mewajibkan proyek properti berskala besar berkoordinasi dulu dengan BPIW. Namun dia akan mengkaji lebih lanjut lantaran Kementerian tidak bisa begitu saja mengeluarkan kebijakan.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...