Jokowi Dapat Penjelasan Panglima TNI Soal Isu Senjata Ilegal

Ameidyo Daud Nasution
27 September 2017, 15:37
Joko Widodo
Biro Pers Setpres
Presiden Jokowi bertemu Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengenai isu senjata ilegal.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya telah bertemu dengan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Gatot Nurmantyo. Pertemuan berlangsung Selasa (26/9) malam membahas pernyataan Gatot soal isu pembelian 5.000 pucuk senjata ilegal oleh lembaga non-militer.

Presiden menjelaskan pertemuan tersebut digelar di Pangkalan Udara Halim Perdanakusumah, Jakarta setibanya dia dari kunjungan ke pulau Bali. Namun Jokowi enggan mengungkapkan apa saja yang dibahas dirinya dengan Gatot.

Advertisement

“Saya sudah bertemu dengan Panglima TNI di Halim, dan sudah dijelaskan,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan udi Jakarta Convention Center, Rabu (27/9).

Mantan Walikota Solo tersebut juga enggan menjelaskan lebih jauh soal polemik senjata ini. Menurutnya, keterangan yang sempat diberikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto telah cukup untuk dimengerti.

"Saya kira tidak perlu saya ulang lagi," kata Jokowi.

 Rabu sore tadi, Jenderal Gatot tampak menghadap Jokowi di Istana Negara. Namun sayangnya dirinya hanya bungkam kepada awak media perihal kedatangannya ke Istana.

Juru Bicara Kepresidenan Johan Budi hanya mengatakan Panglima TNI datang untuk melapor soal persiapan Hari Ulang Tahun TNI tanggal 5 Oktober mendatang. "Lalu Panglima mengundang Presiden untuk menonton wayang," kata Johan.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement