Terima Suap, Auditor BPK Kembali Terjerat KPK

Auditor BPK kembali ditangkap KPK karena diduga menerima suap dalam pemeriksaan laporan keuangan.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
21 September 2017, 19:33
Febri Diansyah
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan KPK akan memberikan keterangan lengkap mengenai kasus suap yang menyeret auditor BPK.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memulai penyidikan baru yang menjerat auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). KPK akan mengumumkan penetapan tersangka dalam kasus tersebut pada Jumat (22/9).

"Terkait dengan penyidikan baru yang dilakukan KPK dalam kasus indikasi suap terhadap salah seorang auditor. Konferensi pers akan dilakukan besok siang sekitar pukul 14.00 WIB di kantor KPK," kata juru bicara KPK Febri Diansyah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (21/9).

Rencananya, KPK akan menyampaikan informasi tersebut bersama BPK. Dalam kasus tersebut, BPK telah berperan aktif dalam mengadakan pemeriksaan internal.

"Kami apresiasi BPK karena dalam proses ini juga sudah dijalankan proses internal," kata Febri.  (Baca juga: Godaan Suap Auditor Negara

Kendati akan ditetapkan tersangka baru dari auditor BPK, Febri menilai tak ada masalah dalam hubungan KPK dan BPK. Febri mengatakan, hubungan kedua lembaga tersebut tetap baik.

"Hubungan KPK dan BPK secara kelembagaan akan tetap kuat dan baik karena banyak tugas-tugas pemberantasan korupsi yang perlu dilakukan bersama-sama," kata Febri.

Berdasarkan informasi yang beredar, auditor BPK tersebut menerima suap berupa sebuah motor gede terkait pemeriksaan laporan keuangan sebuah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Namun, Febri belum bersedia memberikan konfirmasi terkait informasi tersebut.

Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait