Infografik Sejarah Ekonomi Indonesia Tercatat dalam Rekor MURI

Jaya Suprana mengatakan, infografik tersebut bukan hanya terpanjang, melainkan juga yang pertama atau pelopor dalam membuat sejarah dalam bentuk infografik.
Ameidyo Daud Nasution
30 Agustus 2017, 20:44
Infografik
Donang Wahyu|KATADATA
Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan piagam atas rekor infografik terpanjang tentang perjalanan ekonomi Indonesia 1945-2017, Rabu (30/8)

Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan piagam atas rekor infografik terpanjang tentang perjalanan ekonomi Indonesia 1945-2017. Tampilan visual berukuran 1,8 x 17 meter ini menjelaskan tentang sejarah perekonomian Indonesia pasca-kemerdekaan.

Piagam tersebut diserahkan oleh CEO dan penggagas MURI Jaya Suprana kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pada acara peluncuran infografik di Main Atrium Grand Indonesia, East Mall, Jakarta pada Rabu sore (30/8).

Jaya Suprana mengatakan, infografik tersebut bukan hanya terpanjang, melainkan juga yang pertama atau pelopor dalam membuat sejarah dalam bentuk infografik. “Infografik perjalanan sejarah ekonomi Indonesia ini bukan hanya rekor di Indonesia, namun juga rekor di dunia,” kata Jaya. 

(Baca juga: Presiden Jokowi Saksikan Megainfografik tentang Sejarah Ekonomi)

Darmin mengatakan infografik ini dibuat untuk menyampaikan sejarah perekonomian dengan cara yang sederhana. “Infografik ini cara yang cerdas. Ini terobosan untuk mempelajari sejarah ekonomi dengan mudah. Kalau berupa buku, tidak banyak yang membaca,” kata Darmin.

Tampilan visual mengenai perjalanan perekonomian Indonesia selama 72 tahun Indonesia merdeka ini dibuat oleh tim Kemenko Perekonomian bekerjasama dengan Katadata.

Sebelumnya, infografik ini telah dipamerkan di Monumen Nasional bersamaan dengan pameran infografik dan foto tentang Kemajuan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo bersama jajaran menteri kabinet.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir, mengatakan melalui infografik ini diharapkan masyarakat dan pemangku kebijakan dapat mengambil pelajaran dari kebijakan pembangunan pada masa lalu. “Ini bisa digunakan sebagai masukan untuk mempertajam kebijakan sehingga dapat mewujudkan impian Indonesia pada 2045.”

Iskandar yang memberikan masukan kepada tim riset dalam menggunakan berbagai rujukan dalam pembuatan infografik. Dia menyarankan buku karya Boediono, buku karya Cyrilius Harinowo, hingga Miranda Goeltom.

Infografik perjalanan perekonomian Indonesia ini menjelaskan tentang pasang surut perekonomian nasional yang telah dilalui Indonesia di bawah kepemimpinan tujuh Presiden yang berbeda. Setiap era pemerintahan memiliki tantangannya sendiri sehingga melahirkan respons kebijakan serta dampak yang berbeda.

Direktur Eksekutif Katadata Metta Dharmasaputra menambahkan melalui tampilan visual ini, diharapkan sejarah perekonomian Indonesia dapat dipelajari dan dipahami secara lebih mudah, cepat dan menyenangkan.

"Direncanakan, infografik ini selanjutnya akan dikembangkan ke dalam format digital, sehingga lebih mudah diakses oleh publik, khususnya kalangan muda, dan tersebar luas di media sosial."

Metta menambahkan, pada akhirnya infografik ini pun diharapkan menjadi bagian upaya mendukung proses belajar-mengajar di berbagai sekolah dan kampus di seluruh Indonesia.

Sejumlah tokoh ekonomi senior yang merupakan saksi hidup perjalanan ekonomi Indonesia, turut hadir dalam penganugerahan ini di antaranya Boediono (Wakil Presiden RI 2009-2014) dan Adrianus Mooy (mantan Gubernur Bank Indonesia).

Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati

Video Pilihan

Artikel Terkait