Infografik Sejarah Ekonomi Indonesia Tercatat dalam Rekor MURI

Ameidyo Daud Nasution
30 Agustus 2017, 20:44
Infografik "Perjalanan Ekonomi Indonesia 1947-2015"
Donang Wahyu|KATADATA
Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan piagam atas rekor infografik terpanjang tentang perjalanan ekonomi Indonesia 1945-2017, Rabu (30/8)

Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan piagam atas rekor infografik terpanjang tentang perjalanan ekonomi Indonesia 1945-2017. Tampilan visual berukuran 1,8 x 17 meter ini menjelaskan tentang sejarah perekonomian Indonesia pasca-kemerdekaan.

Piagam tersebut diserahkan oleh CEO dan penggagas MURI Jaya Suprana kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pada acara peluncuran infografik di Main Atrium Grand Indonesia, East Mall, Jakarta pada Rabu sore (30/8).

Advertisement

Jaya Suprana mengatakan, infografik tersebut bukan hanya terpanjang, melainkan juga yang pertama atau pelopor dalam membuat sejarah dalam bentuk infografik. “Infografik perjalanan sejarah ekonomi Indonesia ini bukan hanya rekor di Indonesia, namun juga rekor di dunia,” kata Jaya. 

(Baca juga: Presiden Jokowi Saksikan Megainfografik tentang Sejarah Ekonomi)

Darmin mengatakan infografik ini dibuat untuk menyampaikan sejarah perekonomian dengan cara yang sederhana. “Infografik ini cara yang cerdas. Ini terobosan untuk mempelajari sejarah ekonomi dengan mudah. Kalau berupa buku, tidak banyak yang membaca,” kata Darmin.

Tampilan visual mengenai perjalanan perekonomian Indonesia selama 72 tahun Indonesia merdeka ini dibuat oleh tim Kemenko Perekonomian bekerjasama dengan Katadata.

Sebelumnya, infografik ini telah dipamerkan di Monumen Nasional bersamaan dengan pameran infografik dan foto tentang Kemajuan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia yang disaksikan oleh Presiden Joko Widodo bersama jajaran menteri kabinet.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement