Pertemuan Megawati-SBY di Istana, Luhut: Mereka Tak Bicara Hal Khusus

Dimas Jarot Bayu
18 Agustus 2017, 13:39
SBY Menyalami Megawati
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Mantan Presiden Megawati Soekarnoputri (tengah) berjabat tangan dengan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) beserta istri Ani Yudhoyono (kedua kanan) saat upacara kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8).

Pertemuan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus kemarin menjadi perhatian publik. Pertemuan tersebut merupakan yang pertama kali keduanya merayakan kemerdekaan bersama di Istana dalam 13 tahun terakhir.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pertemuan kedua mantan presiden tersebut berlangsung dalam suasana cair. Keduanya tampak berbincang meskipun tak membicarakan hal khusus.

Advertisement

"Enggak ada diskusi khusus. Mereka salaman dan membicarakan yang baik-baik saja. Ada Presiden di situ," kata Luhut kepada wartawan di kompleks parlemen, Jumat (18/8).

Luhut juga mengatakan keduanya hanya berbicara sebentar tak terlihat intens. Dia mengapresiasi pertemuan kedua tokoh politik tersebut. "Itu kan sudah cukup baik," tutup Luhut.

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan juga memuji kehadiran Megawati dan SBY dalam waktu bersamaan dalam perayaan kemerdekaan. "SBY datang, Mega datang, rakyat senang," kata Zulkifli saat berpidato di Gedung MPR, kompleks parlemen, Jakarta.

(Lihat: Keberagaman Hiasi Peringatan Hari Kemerdekaan ke-72 Tahun)

Zulkifli mengatakan pertemuan tersebut menunjukkan bahwa setiap orang boleh memiliki perbedaan pandangan politik. Namun ketika sudah membicarakan Indonesia, persatuan haruslah dikedepankan.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement