Anak Usaha PT PP Akuisisi Kilang Minyak di Sulawesi Senilai Rp 7 T

Miftah Ardhian
7 Agustus 2017, 14:49
RUPS Tahunan PP
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Direktur Utama PT PP (Persero) Tumiyana (kiri) bersama jajaran direksi.

PT PP (Persero) Tbk melalui anak usahanya yaitu PT PP Energi resmi mengakuisisi salah satu kilang minyak yang ada di wilayah Bantaeng, Sulawesi Selatan. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menggandeng perusahaan swasta yaitu PT Intim Perkasa dalam merealisasikan rencana tersebut.

Direktur PT PP Abdul H Tatang menjelaskan, rencana ini sebenarnya sudah didiskusikan sejak lama. Namun, secara legal, baru bisa dieksekusi pada bulan Juni yang lalu. Kepemilikan saham anak usaha PT PP di kilang ini akan mencapai 74%, sedangkan sisanya sebesar 26% akan dimiliki oleh PT Intim Prakasa.

"Kilang minyaknya ini akan mengolah yang awalnya crude berubah menjadi bensin, pertamax, dampai dengan aspal," ujar Tatang saat konferensi pers, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (7/8).

(Baca: Incar Rp 7 Triliun, PT PP akan Jual Saham Perdana 3 Anak Usaha)

Tatang menjelaskan, kilang minyak yang berada di wilayah Bantaeng, Sulawesi Selatan membutuhkan dana sebesar Rp 6-7 triliun.  "Proses akuisisi ini akan dilakukan oleh PT PP Energi. Jadi, PT PP akan melakukan injeksi dana ke anak usaha itu," ujar Tatang.

Kapasitas kilang minyak tidak terlalu besar yakni hanya 30 ribu barel oil per day (bopd). Meskipun demikian, PT PP dikatakannya memiliki rencana untuk meningkatkan total kapasitas kilang tersebut.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...