Kabareskrim Jelaskan Kronologi Kasus Beras Maknyuss ke Ombudsman

Dimas Jarot Bayu
27 Juli 2017, 19:23
pedagang beras
ANTARA FOTO/Rahmad
Pedagang beras di Pasar Inpres Lhokseumawe, Aceh, Rabu (21/6).

Ombudsman meminta penjelasan Badan Reserse Kriminal Mabes Polri terkait penggerebekan pabrik beras PT Indo Beras Unggul (IBU) di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (20/7). Lembaga pengawas ini sedang menelusuri dugaan terjadinya maladministrasi atau pelanggaran hukum dan etika dalam proses penggerebekan merk beras Maknyuss dan Cap Ayam Jago.

Kepala Bareskrim Mabes Polri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto menjelaskan kronologi proses penggerebekan tersebut kepada Ombudsman. "Kegiatan ini terkait kegiatan Satuan Tugas Pangan dari evaluasi akhir pelaksanaan hari raya," Ari di Kantor Ombudsman RI, Jakarta, Kamis (27/7).

Ari menjelaskan Satgas Pangan menemukan 250 kasus pangan dengan masalah paling banyak pada komoditas beras. "Ada sekitar 41 kasus beras dengan berbagai modus, seperti oplos, kemudian pemutih," kata Ari.

(Baca: Ombudsman Usut Dugaan Penyimpangan Penggerebekan Beras Maknyuss)

Dari temuan masalah tersebut, Satgas Pangan kemudian melakukan pendataan terhadap gudang dan tempat penggilingan beras di beberapa wilayah, seperti Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Hal ini dilakukan agar pasokan beras tetap terjaga dan tak mengalami kelangkaan saat panen raya.

"Itu kami tingkatkan jangan sampai ada kelangkaan. Karena ini akan panen raya, jangan sampai beras tidak ada sehingga terpengaruh pada harga," kata Ari.

Ketika melakukan pendataan di wilayah Karawang, Jawa Barat, tim Satgas Pangan menemukan adanya perbedaan harga beras di tingkat konsumen. Satgas Pangan juga menemukan adanya tempat penggilingan yang mengalami kekurangan pasokan beras.

Selain itu, Satgas Pangan menemukan dua merek beras yang berbeda antara komposisi kandungan gizi dengan label di kemasan. Temuan ini berdasarkan penelitian sampel di laboratorium Polri.

(Baca juga:  Tiga Pilar Bantah “Maknyuss” Dioplos Beras Murah)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...