PAN Absen di Rapat Koalisi, Jokowi Klaim Kirim Undangan

Ameidyo Daud Nasution
26 Juli 2017, 14:17
Ketum PAN Zulkifli Hasan
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo berbincang dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di teras belakang Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Presiden Joko Widodo menyatakan telah mengundang Partai Amanat Nasional (PAN) dalam pertemuan partai koalisi di Istana Kepresidenan, pada Senin (24/7) lalu. Jokowi menyatakan ketidakhadiran PAN kemungkinan persoalan teknis surat undangan.

“Seluruh partai pendukung itu kami undang. Bisa saja undangan enggak sampai, atau ada yang sampai tapi enggak hadir. Itu kan teknis, mungkin di menteri sekretaris negara atau di ketua kelasnya,” kata Jokowi usai pelantikan keanggotaan Dewan Pengawas dan Pengelolaan Keuangan Haji, Rabu (26/7).

Advertisement

Para petinggi fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat dari kubu pendukung pemerintah bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Senin lalu. Sebanyak enam fraksi, minus perwakilan PAN, berdiskusi selama 1,5 jam.

(Baca: Tanpa PAN, Petinggi Fraksi Partai Koalisi Kunjungi Jokowi)

Enam fraksi pendukung pemerintah yang mengikuti pertemuan, yakni PDI-P, Golkar, Nasdem, Hanura, PKB dan PPP.

Mereka membahas Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Akses Informasi untuk Kepentingan Perpajakan dan Perppu Ormas. Keduanya masih membutuhkan persetujuan DPR untuk disahkan sebagai undang-undang.

PAN tengah menjadi sorotan setelah dalam sidang paripurna pengesahan UU Pemilu, memilih walk out atau tak mengambil keputusan. PAN meninggalkan sidang bersama dengan Gerindra, PKS dan Demokrat.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement