Tanpa PAN, Petinggi Fraksi Partai Koalisi Kunjungi Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
24 Juli 2017, 21:52
Kabinet
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

Para petinggi fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat dari kubu pendukung pemerintah sore ini bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta. Sebanyak enam fraksi, minus perwakilan Partai Amanat Nasional (PAN), berdiskusi selama 1,5 jam. Mereka membahas Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang telah diajukan ke dewan. 

Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem Johnny G. Plate mengatakan, selain bertemu Jokowi, mereka juga berdiskusi dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Mereka membahas Perppu tentang Akses Informasi untuk Kepentingan Perpajakan dan Perppu Ormas. Keduanya masih membutuhkan persetujuan DPR untuk disahkan sebagai undang-undang. “Kami bahas pentingnya dua Perppu tersebut," kata Johnny, Senin (25/7).

Dia juga menyampaikan baik Jokowi mau pun para perwakilan parpol sepakat dengan kelanjutan pembahasan Perppu tersebut. Alasannya, kedua belah pihak menganggap dua aturan itu penting bagi kepentingan negara saat ini.

"Kami sepaham dengan Presiden," ujarnya. Selain itu, kata Jhonny, mereka membicarakan rancangan Undang-Undang Terorisme. (Baca: Setya Novanto Sahkan UU Pemilu, Empat Fraksi Walk Out)

Selain Jhonny, petinggi fraksi lainnya yang hadir adalah Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham, Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Ida Fauziah.

Mengenai ketidakhadiran petinggi PAN, Johnny mengaku idak tahu menahu alasan ketidakhadiran perwakilan dari PAN. "Saya tidak tahu, sampai sana (Istana, perwakilan) PAN tidak ada," kata Johnny.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...