Sinyal Reshuffle Menguat, Kalla Serahkan kepada Jokowi

Dimas Jarot Bayu
12 Juli 2017, 12:19
Evaluasi Proyek Nasional Jawa Timur
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berbincang dengan Menteri BUMN Rini Soemarno sebelum memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/3).

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla enggan mengomentari soal isu perombakan (reshuffle) kabinet yang kabarnya akan diumumkan pada pertengahan pekan ini.

Kalla hanya tersenyum ketika ditanyai terkait adanya kabar tersebut. Ia meminta wartawan menanyakan kepada yang lebih berwenang, yakni Presiden Joko Widodo. "Tanya beliau saja," kata Kalla singkat di Jakarta, Rabu (12/7).

Di tempat terpisah, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan tidak tahu soal rencana perombakan kabinet yang akan dilakukan Jokowi. "Tanya Presiden kalau itu. Saya tidak tahu," kata Luhut di kantornya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, Jokowi telah merampungkan proses perombakan kabinet pada awal pekan ini. Pembahasannya melibatkan Jusuf Kalla sejak bulan puasa dan sejumlah ketua partai politik pendukung pemerintah pada masa libur lebaran akhir Juni lalu.

(Baca: Jokowi Libatkan Wapres JK Bahas Rencana Reshuffle Kabinet)

Perombakan kabinet di pertengahan masa pemerintahan Jokowi ini melibatkan banyak kursi menteri. Namun, tidak semua menteri yang terkena reshuffle akan terpental dari kabinet. Sebagian besar malah dirotasi ke pos yang lain.

Informasi yang diperoleh Katadata, Luhut kemungkinan akan digeser. “Ada opsi menempatkan Menteri Luhut di Menko Polhukam, tapi sepertinya akan menjabat Menko Perekonomian,” kata sumber tersebut. Ada pula opsi mendapuk Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk merangkap jabatan Menko Perekonomian menggantikan Darmin Nasution.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...