Konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Kembali Dibangun

Miftah Ardhian
7 Juli 2017, 13:49
Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung
ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Area proyek konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kawasan perkebunan Walini Cikalong Wetan, Jawa Barat, Jumat (17/3).

Kontruksi megaproyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung kembali dimulai hari ini. Dengan dimulainya kembali pengerjaan konstruksi, pinjaman dari perbankan Tiongkok diperkirakan akan cair pada ahir Juli 2017.

Direktur Utama Wijaya Karya Bintang Perbowo mengatakan pengerjaan kembali akan dimulai di seluruh aspek konstruksi bangunan. Bintang mengatakan pihak pemberi pinjaman yakni China Development Bank (CDB) akan segera mencairkan dana tersebut dengan dimulainya pengerjaan konstruksi proyek. "Pinjaman setelah kami mulai (konstruksi) akan dicairkan," kata Bintang.

Advertisement

Bintang mengatakan dana pinjaman ini akan dicairkan bertahap. Pada tahap pertama, dana ditargetkan cair pada akhir bulan Juli 2017 sekitar US$ 1 miliar. Dia mengklaim pihaknya sudah menyelesaikan seluruh persyaratan dan tinggal mengajukannya ke pihak CDB.

(Baca: Pembebasan Lahan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Baru 53 Persen)

Pada April lalu, PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) telah menandatangani kontrak rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (engineering, procurement, and construction/EPC) proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Kontrak senilai US$ 4,7 miliar ini diteken bersama tujuh kontraktor yang tergabung dalam High Speed Railway Construction Consortium (HSRCC).

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement