Obama Ajak 'Perang' Hadapi Diskriminasi Kelompok Minoritas

Desy Setyowati
1 Juli 2017, 18:32
Barrack Obama
REUTERS/Yuri Gripas TPX IMAGES OF THE DAY
Presiden Barack Obama, 14 Desember 2016.

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyampaikan pesan pentingnya menjaga semangat toleransi di tengah masyarakat Indonesia yang plural. Obama menganggap pentingnya isu toleransi karena meningkatnya diskriminasi terhadap kelompok minoritas yang berbeda etnis dan agama.

Presiden ke-44 AS itu menyampaikannya dalam pidato yang dihadiri sekitar 4.000 orang yang hadir dalam Kongres Diaspora Indonesia di Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu (01/07).

Obama mengatakan mendapatkan pelajaran toleransi dari ayah tirinya, Lolo Soetoro yang muslim namun menghargai orang Hindu, Buddha, dan Kristen. Obama saat masa kecil pernah tinggal bersama ayah titinya di Jakarta, dan mendapatkan banyak pengalaman yang membuatnya menghargai perbedaan.

(Baca: Ajak Obama Santap Sore, Jokowi Kendarai Mobil Sendiri)

Dia juga mengatakan kagum dengan beragam tempat beribadah di Indonesia yang berdiri berdampingan. "Ketika melihat Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha di tengah negara Muslim, Candi Prambanan yang Hindu dan dilindungi negara Muslim, wayang kulit dan Ramayana di negara Muslim, semangat Indonesia haruslah toleransi," tutur Obama seperti dikutip dari BBC Indonesia.

Obama mengatakan perkembangan teknologi informasi dan internet sebagai penyebab meningkatnya gelombang anti-toleransi dan diskriminasi di dunia. Gelombang ini melahirkan nasionalisme yang salah atau diskriminasi terhadap orang yang berbeda.

Pria lulusan Harvard Law School ini mengingatkan penting untuk melawan diskriminasi dengan memperjuangkan sikap toleran yang dimulai dari tiap pribadi. "Kita harus menghargai satu sama lain. Kalau kamu yakin benar pada kepercayaanmu, kamu tentunya tidak perlu khawatir dengan kepercayaan oang lain," kata Obama.

(Baca: Obama Tiba di Istana Bogor Sendiri, Disambut Keluarga Jokowi)

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...