Satgas Covid-19 Intruksikan Prosedur Pemakaman Corona pada Jenazah PDP

Prosedur pemakaman corona diterapkan kepada PDP untuk mengantisipasi berubahnya status pasien.
Dimas Jarot Bayu
20 April 2020, 18:43
pemakaman prosedur corona, satgas covid-19
ANTARA FOTO/Stenly Pontolawokang/wsj.
Petugas memakamkan seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) COVID-19 di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Jumat (17/4/2020).

Pemerintah menerapkan pemakaman dengan prosedur penanganan virus corona baru atau Covid-19 kepada jenazah pasien yang positif mengidap penyakit tersebut dan jenazah pasien dalam pengawasan (PDP) atau suspect.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, prosedur itu diterapkan kepada PDP untuk mengantisipasi berubahnya status pasien. Biasanya, hasil pemeriksaan dari jenazah dengan kategori PDP atau suspect belum keluar ketika yang bersangkutan meninggal dunia.

"Karena belum dilakukan tes atau hasil tesnya belum keluar, maka seluruh pasien Covid-19 itu tetap dimakamkan seusai protap Covid-19," kata Doni usai rapat terbatas melalui video conference, Senin (20/4).

(Baca: Nyaris 600 Orang di RI Meninggal usai Terinfeksi Virus Corona)

Doni mengatakan, pemakaman dengan prosedur penanganan corona ini belajar dari pengalaman beberapa minggu lalu ketika ada salah satu pejabat meninggal dunia. Menurut Doni, pejabat tersebut saat meninggal dunia dimakamkan dengan prosedur pemakaman seperti biasa.

Sebab, pejabat tersebut belum dinyatakan positif corona ketika meninggal dunia. Ternyata beberapa hari setelahnya, Doni menyebut pejabat tersebut dinyatakan positif virus corona.

"Untuk menghindari agar tidak terjadi lagi salah dalam melakukan analisa pasien yang meninggal non-Covid-19 atau Covid-19, salah dalam mengambil keputusan, maka semua pasien yang meninggal dunia diperlakukan sebagai pasien Covid-19," kata Doni.



Jumlah kasus positif corona hingga hari ini mencapai 6.760 orang atau tambahan 185 kasus. Angka kasus baru hari ini merupakan yang terendah sejak 5 April lalu. Pemerintah telah melakukan 49.767 uji spesimen lewat polymerase chain reaction (PCR) ke 43.749 orang.

Selain tambahan kasus positif, angka kematian juga hanya bertambah delapan orang pada hari ini. Total, ada 590 orang yang meninggal akibat virus corona dan 747 orang telah pulih.

(Baca: Tambahan 185 Kasus Positif Corona di RI, Terendah dalam 15 Hari)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait