Dua Karyawan Meninggal Akibat Covid-19, Sampoerna Tutup Pabrik

Image title
30 April 2020, 18:07
Sampoerna, pandemi corona, Covid-19, pabrik rokok sampoerna tutup
Istimewa
Ilustrasi buruh pelinting di Pabrik Sigaret Kretek Tangan (SKT) Taman Sampoerna, Surabaya, Jawa Timur selama 36 tahun.

Perusahaan rokok PT HM Sampoerna Tbk (HMSP) menghentikan sementara kegiatan produksi di pabrik Rungkut 2 Surabaya karena beberapa karyawan di pabrik positif Covid-19. Sampoerna menutup pabrik mulai 27 April 2020 hingga waktu yang akan ditentukan kemudian.

Dengan ditemukannya kasus Covid-19, seluruh karyawan pabrik Sampoerna melakukan isolasi mandiri dan sebagian menjalani perawatan. Selama tak bekerja, karyawan tetap memperoleh gaji penuh.

Advertisement

“Langkah ini kami ambil dengan terus memastikan dukungan kepada karyawan dan melakukan tanggung jawab sosial terhadap komunitas,” kata Direktur Sampoerna Elvira Lianata dalam keterangan resminya yang diterima Katadata.co.id, Kamis (30/4).

(Baca: Bertambah 347 Kasus, Positif Corona RI Tembus 10 Ribu Orang)

Perusahaan berkode saham HSMP tak menjelaskan jumlah karyawan yang positif corona. Sampoerna telah menyerahkan data terkait kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya dan Jawa Timur.

Ketua Rumpun Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur, Joni Wahyuhadi, menyatakan terdapat dua karyawan Sampoerna yang positif Covid-19, namun keduanya telah meninggal dunia.

Setelah melakukan tracing di dalam kawasanpabrik, teridentifikasi sembilan orang statusnya pasien dalam pengawasan (PDP), lalu dirujuk ke rumah sakit.

"Kami sudah bertemu dengan manajamen perusahaan untuk menangani persoalan ini," kata Joni, dikutip dari Antara.

Halaman:
Reporter: Antara
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement