Lawan Corona, Didi Kempot Sempat Buat Lagu 'Ojo Mudik'

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan bekerja sama dengan Didi Kempot untuk merilis lagu berjudul "Ojo Mudik".
Image title
Oleh Antara
5 Mei 2020, 12:15
Didi Kempot, Ojo Mudik, Lawan Corona
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Portrait penyanyi campursari Didi Kempot di salah satu kamar hotel di Kemayoran, Jakarta.

Maestro campursari Didi Kempot sempat membuat lagu berjudul "Ojo Mudik" (Jangan Mudik), sebelum meninggal pada hari ini. Lagu itu dibuat sebagai imbauan agar tak pulang kampung atau mudik menjelang lebaran untuk menghindari penyebaran virus corona atau Covid-19.

Video klip lagu Didi itu diunggah di YouTube pada 28 April 2020. Hingga berita ini ditulis, videonya telah ditonton lebih dari 670.000 kali.

Dalam videonya, Didi Kempot tampil mengenakan kaos dan blangkon hitam yang senada. Di kaosnya terlihat tulisan "Bersatu Lawan Corona".

(Baca: Jokowi Ucapkan Selamat Jalan kepada The Godfather of Broken Heart)

Lagu tersebut juga mengajak orang-orang untuk menjaga jarak dan berdiam diri di rumah. Di tengah lagu dengan lirik bahasa Jawa dan Indonesia, Didi menyerukan imbauan untuk berdiam diri di rumah demi menekan penyebaran virus corona.

"Buat saudaraku semuanya, lebih baik tidak usah mudik dulu, yang di rumah pastinya semuanya sudah memaklumi. Demi kesehatan kita semuanya, keluarga kita, tetangga kita, masyarakat semuanya," kata Didi Kempot.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan bekerja sama dengan Didi Kempot untuk merilis lagu berjudul "Ojo Mudik". "Saya kemarin sore juga telepon-teleponan dengan Beliau. Ngobrol, Beliau masih mau nggarap rekaman. Saya juga tidak ada fisarat apa pun," kata Rudy, dikutip dari Antara.

(Baca: Shopee Respons Meninggalnya Brand Ambassador, Didi Kempot)

Rudy mengatakan warga Solo kehilangan sosok seniman sederhana dengan meninggalnya penyanyi campur sari Didi Kempot. "Masyarakat Solo kehilangan sosok seniman yang luar biasa, tidak memandang suku, agama, ras. Orangnya sangat sederhana," katanya.

Didi Kempot meninggal dunia di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo pada pukul 07.45 WIB. Didi masuk ke rumah sakit pada pukul 07.25 WIB dalam kondisi tidak sadar.

Didi akan dimakamkan di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. "Dari rumah sakit akan dibawa ke Sumber (kediaman Didi Kempot) sebentar. Setelah itu langsung dibawa ke Ngawi," kata Rudy.

Advertisement

(Baca: Perjalanan Hidup Didi Kempot, dari Pengamen Jadi Musisi Mancanegara)

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait