Terancam Kena Sanksi, Batik Air Akui Bawa Penumpang Melebihi Kapasitas

Yuliawati
Oleh Yuliawati
14 Mei 2020, 21:33
Batik Air, antrean bandara membeludak, sanksi kemenhub
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww.
Sejumlah armada pesawat Lion Air Group terparkir di Apron Terminal 1 C Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (30/4/2020). Batik Air terancam kena sanksi karena melanggar ketentuan pembatasan kapasitas penumpang.

Maskapai Batik Air mengakui membawa penumpang melebihi batas 50% dari total kapasitas kursi di pesawat. Padahal, Kementerian Perhubungan meminta maskapai mematuhi ketentuan pembatasan penumpang selama pandemi corona atau Covid-19.

Maskapai yang tergabung dalam Grup Lion Air ini menjelaskan penerbangan dengan penumpang yang melebihi batas yang ditentukan disebabkan beberapa alasan. Pertama, perubahan periode perjalanan (reschedule) dari beberapa tamu atau penumpang karena kebutuhan mendesak.

Alasan lain karena memenuhi permintaan penumpang. "Serta perjalanan grup dari keluarga atau rombongan yang menginginkan dalam satu penerbangan dengan duduk berdekatan atau satu baris," kata kata Corporate Communications Strategic of Batik Air, Danang Mandala Prihantoro, dalam siaran pers yang diterima katadata.co.id, Kamis (14/5).

(Baca: Kemenhub Usut Dugaan Maskapai Tak Batasi Penumpang di Bandara Soetta)

Batik Air menjual tiket lebih dari 50% kapasitas juga sebagai antisipasi apabila calon penumpang batal masuk pesawat karena tak memenuhi syarat kelengkapan dokumen perjalanan.

"Bila perjalanan batal, calon penumpang masih bisa melakukan proses pengajuan pengembalian dana (refund) serta memberikan kesempatan untuk dapat memilih penerbangan berikutnya," kata Danang.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Novie Riyanto, menyatakan mendapat informasi mengenai maskapai yang diduga tidak menerapkan aturan pembatasan penumpang.

Hal ini terkait dengan terkait dengan penumpukan atau membeludaknya antrean penumpang di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (14/5) pagi.

(Baca: 13 Rute Penerbangan Bersamaan, Penumpang Membeludak di Bandara Soetta)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...