Airlangga Rekomendasikan 89 Proyek Strategis Baru Senilai Rp 1.422 T

Dimas Jarot Bayu
29 Mei 2020, 14:53
Proyek Strategi Nasional, PSN, rekomendasi 89 proyek
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kedua kiri) berbincang dengan Menkeu Sri Mulyani Indrawati (kiri) di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Pemerintah merekomendasikan 89 proyek sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN). Sebanyak 89 proyek senilai Rp 1.422 triliun tersebut merupakan hasil seleksi dari dari usulan 245 PSN baru.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan rekomendasi terhadap 89 PSN karena dianggap dapat menarik lapangan pekerjaan dan memberikan dampak berkesinambungan dengan aspek lingkungan hidup.

"Serta selaras dengan sektor-sektor lain, terutama pembangunan infrastruktur dengan kawasan industri, kawasan pertumbuhan ekonomi, kawasan wisata, dan proyek didistribusikan secara nasional," kata Airlangga usai rapat terbatas melalui konferensi video, Jumat (29/5).

(Baca: Jokowi akan Lanjutkan Proyek Stategis Nasional meski Pandemi Corona)

Airlangga mengatakan, 89 PSN yang direkomendasikan itu terdiri dari 56 usulan proyek baru, 10 proyek perluasan, 15 proyek dikelompokkan dalam program baru, dan 8 proyek ketenagalistrikan. Secara rinci, 15 PSN terkait jalan dan jembatan, 5 proyek bandara senilai Rp 5,66 triliun, 5 proyek kawasan industri senilai Rp 327,2 triliun.

Kemudian, 13 proyek bendungan dan irigasi sebesar Rp 21,8 triliun, 1 proyek tanggul laut senilai Rp 5,68 triliun, satu program dan dua proyek smelter, satu proyek penyediaan lahan pangan di Kalimantan tengah. Ada pula lima proyek pelabuhan, enam proyek kereta api, 13 proyek kawasan perbatasan, 13 proyek energi, 6 proyek air bersih, dan sebuah proyek pengelolaan sampah.

"Serta tiga proyek pengembangan teknologi, termasuk drone yang sebesar Rp 7,17 triliun," kata Airlangga.

(Baca: Pemerintah Terima Usul 232 Proyek Baru dan Coret 10 Proyek dari PSN)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...