Bappenas Targetkan Kabupaten/Kota Miliki Layanan Terpadu pada 2024

Rizky Alika
10 Juni 2020, 21:20
bappenas, layanan terpadu 2024
KATADATA
Bappenas.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menargetkan seluruh kabupaten/kota memiliki layanan terpadu pada 2024. Nantinya, layanan terpadu tersebut akan digunakan sebagai rujukan bagi data kependudukan lainnya, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) hingga Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Kami di Bappenas menargetkan seluruh kabupaten/kota ada layanan terpadu pada 2024 karena porsinya cukup sentral," kata Direktur Penanggulangan Kemiskinan dan Kesejahteraan Sosial Kementerian PPN/Bappenas Maliki dalam acara Katadata Forum Virtual Series: Kunci Sukses Bantuan Sosial dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, Rabu (10/6).

Advertisement

Maliki mengatakan layanan tersebut dapat mengurangi exclusion error dan inclusion error dalam pendataan. Para pendamping di kabupaten/kota pun dapat merujukkan masyarakat yang kurang mampu dalam layanan tersebut.

(Baca: Strategi Pemda Benahi Data dalam Distribusi Bansos Covid-19)

Saat ini, Kementerian Sosial telah memiliki Sistem Pelayanan Rujukan Terpadu (SLRT) dan Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos). Ia pun meminta para pemerintah daerah untuk membuat Puskesos di tingkat desa.

"Puskesos bisa berikan tambahan untuk pendataan dari sisi data sosial ekonomi," ujar dia.

Nantinya, Puskesos desa tersebut akan meningkatkan kualitas data di tingkat desa. Dengan demikian, pemerintah akan memiliki data sosial ekonomi dari berbagai sektor.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement