PGN Akan Bangun Tiga Hub LNG untuk Pasok Gas ke Pembangkit Listrik

Image title
13 Juli 2020, 22:17
PGN, Pertamina, pasokan gas, tiga hub, PLN
Katadata
Ilustrasi. PGN membangun tiga hub distribusi gas alam cair atau LNG.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berencana membangun tiga hub distribusi gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) untuk merealisasikan program gasifikasi pembangkit listrik milik PT PLN (Persero). Adapun proyek tersebut diperkirakan rampung dalam tiga tahun mendatang.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN, Syahrial Mukhtar mengatakan pembangunan infrastruktur LNG terbagi menjadi tiga area yaitu Area Barat, Area Tengah, dan Area Timur. Adapun yang pertama Area Barat akan dibangun hub di Terminal Arun, untuk bisa menyuplai kebutuhan gas di Nias, Krueng, dan sekitarnya.

Advertisement

“Kemudian Area Tengah, kami sudah memiliki FSRU Lampung, dengan sistem breakbulking ke kapal-kapal kecil untuk menyuplai small LNG carrier. Jadi, nanti FSRU Lampung bisa dibawa ke Kalimantan, Bali, NTT, dan NTB,” ujar Syahrial dalam keterangan tertulis, Senin (13/07).

(Baca: PGN Targetkan Produksi Gas Lapangan Kepodang Capai 20 MMSCFD)

Pembangkit listrik yang harus dipasok gas oleh PGN itu terbagi dalam delapan klaster. Perinciannya, Klaster Sumatera, Kalimantan Barat, Bali Nusra 1, Bali Nusra 2, Sulawesi, Maluku, Papua Utara, serta Papua Selatan.

Untuk tahap quick win yang dirampungkan tahun ini, PGN akan merealisasikan pasokan gas untuk PLTMG Nias, PLTMG Tanjung Selor, dan PLTMG Sorong.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement