Lembaga Keuangan AS Bidik Investasi Farmasi, Energi dan Hankam di RI

Image title
6 Agustus 2020, 19:20
luhut binsar pandjaitan, investasi AS di indonesia
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/foc.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (kiri) bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (kanan)berbincang saat Rakor Penyelesaian Isu Pengembangan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi di Pendopo Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (29/7/2020).

Lembaga keuangan asal Amerika Serikat (AS) International Development Finance Corporation atau IDFC menyatakan minatnya untuk berinvestasi di bidang farmasi, pertahanan dan keamanan, dan energi. IDFC juga menyatakan tertarik dalam pengelolaan dana abadi atau Sovereign Wealth Fund (SWF).

Pernyataan itu disampaikan CEO IDFC Adam Boehler dalam surat yang ditujukan kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Pandjaitan pada 31 Juli lalu.

Advertisement

Juru Bicara Kemenko Marves Jodi Mahardi mengatakan Boehler dalam suratnya menjelaskan saat ini IDFC tengah berkoordinasi dengan National Security Council (NSC) atau Dewan Keamanan Nasional AS. NSC berperan memimpin koordinasi antarlembaga di AS untuk membahas kerja sama yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia.

"Sesuai permintaan mereka, pemerintah akan memberikan pedoman lebih lanjut untuk kerja sama di beberapa sektor,” kata Jodi melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Kamis (6/8).

(Baca juga: Lembaga Keuangan AS Tawarkan Investasi Miliaran Dolar ke Indonesia)

IDFC diberikan mandat menggunakan sumber daya pemerintah AS untuk mendorong lebih banyak minat dan daya tarik sektor swasta, dan untuk memfasilitasi pembangunan yang berkelanjutan di wilayah Indonesia. IDFC juga bekerja sama dengan institusi keuangan serupa dari Australia dan Jepang untuk mencapai tujuan tersebut.

IDFC berminat bekerja sama dengan Indonesia dalam bidang farmasi di tengah kebutuhan obat-obatan dan vaksin selama masa pandemi corona. Menko Luhut Pandjaitan beberapa waktu lalu sempat menyampaikan bahwa pemerintah AS berkeinginan untuk merelokasi industri farmasinya ke Indonesia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement