Mitra Program Kartu Prakerja dan Mitra Pembayaran Akan Bertambah

Rizky Alika
7 Agustus 2020, 21:18
mitra kartu prakerja. mitra pembayaran
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang keempat akan dibuka Sabtu (7/8).

Pemerintah akan menambah mitra program Kartu Prakerja. Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari mengatakan ada lima tambahan mitra kartu prakerja dan empat mitra pembayaran.

"Manajemen Pelaksana terima usul kemitraan dari digital platform dan mitra pembayaran," kata Denni dalam konferensi pers virtual, Jumat (7/8). Selain itu, Manajemen Pelaksana juga akan menambah 16 lembaga pelatihan baru dan 362 jenis pelatihan baru.

Selama ini, ada delapan mitra kartu prakerja antara lain, Tokopedia, Skill Academy by Ruangguru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir, dan Sisnaker. Kemudian, ada empat mitra pembayaran dalam program kartu prakerja, yaitu OVO, LinkAja, GoPay, dan BNI.

Sementara itu, jumlah pelatihan offline yang tersedia sebelumnya tercatat sekitar 3.000 jenis pelatihan.

Denni mengatakan, Manajemen Pelaksana sedang melakukan penilaian terhadap tambahan calon mitra tersebut. "Jadi nanti akan bertambah lagi kalau integrasi mulus dan assessment selesai," ujar dia.

Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Mohammad Rudy Salahuddin mengatakan pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 Tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja. Dalam aturan tersebut, besaran komisi kepada mitra kartu pekerja telah dibatasi maskimum sebesar 15% dari biaya pelatihan.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...