Erick Tunjuk Ketum Kadin dan Wamenkeu sebagai Petinggi Satgas PEN

Suahasil terpilih sebagai Wakil Ketua I tim Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, sementara Rosan sebagai Wakil Ketua II.
Image title
Oleh Rizky Alika
10 Agustus 2020, 21:54
Erick Thohir, Ketua Kadin, Wamenkeu, tim pemulihan ekonomi
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Rosan Roeslani dan Suahasil Nazara sebagai petinggi dalam tim Satgas PEN.

Pemerintah menambah tim untuk memperkuat Satgas Pemulihan dan Transformaasi Ekonomi Nasional (PEN). Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sekaligus Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 & PEN Erick Thohir menunjuk Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan Roeslani dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara sebagai petinggi dalam tim Satgas PEN.

Suahasil terpilih sebagai Wakil Ketua I tim Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional, sementara Rosan sebagai Wakil Ketua II. Ketua Satgas tim in dipimpin oleh Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

"Pak Rosan menjadi Wakil Ketua Pak Budi, satu-satunya swasta di antara pemerintahan," kata Erick di Kantor Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Jakarta, Senin (10/8).

Tim Satgas PEN terbagi ke dalam tiga bagian, yaitu tim kerja Indonesia Bekerja, tim kerja Indonesia Tumbuh, dan tim kerja Implementasi. Tim kerja Indonesia Bekerja diisi oleh sebelas anggota, di antaranya Staf Khusus Wapres Bambang Widianto, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, hingga Direktur Utama PT Permodalan Nasional Madani Arief Mulyadi.

Selanjutnya, tim kerja Indonesia Tumbuh beranggotakan sepuluh orang. Beberapa di antaranya ialah Deputi VI Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi Septian Hario Seto, Staf Khusus Presiden Joko Widodo bidang Ekonomi Arif Budimanta, dan Asisten Deputi Investasi Pariwsiata Kemenparekraf Hengky Manurung.

Pada tim kerja implementasi, anggotanya berisikan enam orang. Beberapa di antaranya ialah Direktur Transformasi Bisnis PT Pertamina Bina Medika Antonius Rainier Haryanto dan Komisaris Pertamina Hulu Energi Fadli Rahman.

Erick menjelaskan, ada beberapa program yang telah dipersiapkan untuk para tim. Salah satunya, program untuk tim Indonesia Tumbuh ialah akselerasi ekonomi sumber daya alam, implementasi Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja, transformasi penerimaan perpajakan, dan percepatan pembangunan kawaasan wisata Labuan Bajo, Lampung, Mandalika, dan Likupang.

Selain Satgas Pemulihan Ekonomi, Erick juga menambah posisi di Satgas Penanganan Covid-19. Dalam struktur terbaru, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo akan didampingi Kepala BPOM Penny Lukito dan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal sebagai wakil.

Menurutnya, Satgas tersebut akan memastikan program kesehatan dapat dilakukan pada 83 ribu kelurahan dan desa. Program tersebut meliputi sosialisasi hingga peningkatan displin pada masyarakat. "Yang terberat 2021 melakukan imunisasi," ujar dia.

Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait