Kebakaran Hutan dan Lahan Ancam Kenaikan Kasus Covid-19

Image title
13 Agustus 2020, 15:20
kebakaran hutan, pandemi corona
Katadata
Direktur P3ML Kemenkes Wiendra Waworuntu, dalam acara webinar katadata Ancaman Kebakaran Hutan di Tengah Pandemi, Kamis (13/8/2020).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan bencana kebakaran hutan dan lahan  (karhutla) yang sering terjadi saat musim kemarau berpotensi meningkatkan risiko penularan pandemi virus corona. Asap dari karhutla menyebabkan banyak anggota masyarakat mengalami infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA.

Penderita ISPA ini memiliki imun tubuh yang lemah dan rentan tertular virus Covid-19. "Ada berbagai penelitan yang mengatakan bahwa terjadi peningkatan kasus Covid-19 dalam kebakaran hutan," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Wiendra Waworuntu dalam webinar Katadata Forum 'Ancaman Kebakaran Hutan di Tengah Pandemi' di Jakarta, Kamis (13/8).

Advertisement

Wiendra juga mengatakan kebakaran hutan menyebabkan peningkatan suhu suatu wilayah. Terdapat berbagai penelitian yang menyatakan hubungan antara peningkatan suhu dan peningkatan jumlah kasus konfirmasi positif corona di beberapa negara. Salah satu contohnya penyebaran Covid-19 di Arab Saudi sehingga pelaksanaan ibadah haji pun dilakukan secara terbatas.

Potensi penanganan Covid-19 saat kebakaran hutan pun semakin sulit, karena tenaga medis sulit membedakan antara penyakit ISPA dan Covid-19. Gejala kedua penyakit itu hampir mirip yakni batuk kering dan pilek. "Langkah antisipasinya Kemenkes berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk selalu mendeteksi, mencegah dan merespon peningkatan kasus Covid-19 saat karhutla," kata dia.

Selain itu, mereka menyosialisasikan pembatasan orang-orang yang beraktivitas di luar rumah, khususnya bagi orang yang memiliki penyakit kronis pada jantung dan paru-paru.

Kemenkes memiliki patokan tingkat kesehatan udara berdasarkan jarak pandang asap kabut. Kondisi udara baik jika jarak pandang asap kabut lebih dari 15 kilometer (km), kondisi sedang dengan jarak pandang 10 km - 14 km.

Sedangkan untuk kondisi tidak sehat bila jarak pandang akibat kabut asap mencapai 4 km - 9 km. "Jika jarak pandangnya mencapai kurang dari 1,4 km maka kondisi ini sangat berbahaya bagi kesehatan," kata dia.

Sementara itu Direktur Eksekutif Yayasan Madani Berkelanjutan Teguh Surya mengatakan enam provinsi yang berpotensi mengalami kebakaran hutan yakni Sumatera Utara, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Data ini didapatkan dari analisis jejak kebakaran yang terjadi dalam lima tahun terakhir.

"Jadi bencana kebakaran hutan itu sudah berlangsung lebih dari 30 tahun dan selalu berulang ketika musim kemarau tiba," kata Teguh.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement