Terinspirasi Lagu Iwan Fals, Ekonom Piter Abdullah Rilis Air Mata Api

Yuliawati
Oleh Yuliawati
3 September 2020, 23:30
Iwan Fals, novel Air Mata Api, Piter abdullah
Youtube Iwan Fals
Peluncuran Novel Air Mata Api karya Piter Abdullah.

Terinspirasi 12 lagu karya musisi Iwan Fals, ekonom Piter Abdullah Redjalam meluncurkan novel berjudul Air Mata Api.  Rencananya, novel Air Mata Api akan dibuatkan film trilogi dan mulai diproduksi pada 2021.

Piter merupakan fans berat Iwan Fals sejak dia masih duduk di sekolah dasar. Alasan dia menulis novel karena semua lagu yang diciptakan oleh pelantun "Pesawat Tempur" itu mengena dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya pikir ini kalau dijadikan cerita pasti akan sangat menarik. Banyak sekali lagu-lagu bang Iwan itu yang seperti refleksi kehidupan," ujar Piter dalam peluncuran novel Air Mata Api secara virtual, Kamis (3/9).

Piter membutuhkan waktu 10 tahun menyelesaikan karyanya, termasuk masa dua tahun untuk mengurus proses kerja sama. Piter mengatakan membutuhkan waktu lama karena mengalami writer’s block atau kebuntuan ide dalam menulis. Dia mengebut pengerjaan novelnya dalam tiga tahun terakhir. "Namanya proses kreatif kan up and down," kata Piter. 

Iwan Fals tidak menduga karyanya akan menjadi sebuah novel, dia mengaku kaget saat pertama kali mengetahui novel tersebut. "Air Mata Api menceritakan dunia gelap, tetapi yang baik. Saya melihat ini luar biasa dan saya menikmati," kata Iwan.

Dia mengapresiasi karya Piter karena memberikan ruang untuk kontemplasi. "Paling penting masa sekarang untuk merenung
kembali tentang kegelapan, kalau enggak ada kegelapan enggak mungkin kita tahu ada terang,” ujar Iwan.

Terkait karya novel yang terinspirasi lagunya, Iwan menilai semua orang bebas menginterpretasikan lagu-lagu yang diciptakannya. "Kesenian itu seperti gelas bila dilempar ke lantai, pecahannya itu akan ke mana-mana," kata Iwan.

Novel Air Mata Api berisi 12 bab dan setiap judulnya diambil dari judul lagu Iwan Fals. Beberapa judul lagu tersebut antara lain: Berandal Malam di Bangku Terminal; Rindu Tebal; Nak; Asmara
Tak Secengeng yang Aku Kira; Antara Aku, Kau, dan Bekas Pacarmu; Istri Bromocorah; Ada Lagi yang Mati; Azan Subuh Masih Ditelinga; Ujung Aspal Pondok Gede; Jangan Tutup Dirimu; Air Mata Api; Aku Antarkan.

Peluncuran buku ini merupakan rangkaian acara menuju Intimate Live Streaming Concert: Di Balik Nyanyian.  Peluncuran novel merupakan hasil kerja sama antara penerbit RajaGrafindo Persada, PT Tiga Rambu yang merupakan manajemen Iwan Fals, dan Khas Studio. Piter sebagai penulis Air Mata Api juga merupakan Komisaris Khas Studio.

Reporter/Penulis: Agatha Lintang

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...