Astra Donasi Tiga Ventilator, Total Bantuan Atasi Pandemi Rp 131 M

Sejak awal pandemi, Astra melalui Nurani Astra telah menyerahkan bantuan senilai Rp 131 miliar.
Redaksi
Oleh Redaksi
19 September 2020, 07:35
Astra donasi ventilator
Grup Astra
Astra mendonasikan tiga ventilator untuk masyarakat Jawa Barat.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Grup Astra kembali mendonasikan ventilator ke pemerintah daerah untuk membantu penanganan Covid-19. Kali ini, Astra Financial, salah satu anak usaha PT Astra International Tbk menyerahkan tiga unit ventilator untuk pemerintah provinsi Jawa Barat.

“Di tengah kondisi pandemik seperti sekarang ini ventilator menjadi kebutuhan yang sangat krusial. Dan, Astra benar-benar merasa terpanggil dengan kondisi saat ini," kata Director In Charge (DIC) Astra Financial Suparno Djasmin dikutip dari siaran pers, Jumat (18/9).

Astra menyerahkan tiga ventilator kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk didistribusikan kepada rumah sakit yang membutuhkan. Tiga ventilator tersebut merupakan donasi dari PT Astra Sedaya Finance sebanyak dua unit dan dari PT Federal International Finance (satu unit).

Ventilator merupakan alat bantu pernapasan yang sangat dibutuhkan dalam menunjang hidup pasien Covid-19 yang tengah dalam kondisi kritis. Seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia memiliki sekitar 3.637 ventilator untuk pasien virus corona per 25 Juli 2020.

Sebanyak 1.167 unit di antaranya terpasang di tempat tidur ICU (Intensive Care Unit) dan 1.145 unit di tempat tidur isolasi tekanan negatif. Berikut grafik Databoks:

Sebelumnya, Astra telah menyerahkan lima unit ventilator kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, pada 9 September 2020. Lalu, Astra mendonasikan tiga unit ventikator kepada Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, pada 14 September 2020.

Ketika pada masa awal pandemi yakni April 2020, Grup Astra membagikan 30 ventilator kepada 3 rumah sakit yang menjadi rujukan pasien Covid-19 diJakarta, yaitu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto (15 unit), Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet (10 unit), dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso (5 unit), bertujuan membantu pasien positif Covid-19 yang dirawat di institusi kesehatan tersebut.

Selanjutnya, Astra menyumbangkan 10 ventilator ke Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Papua pada bulan Juni – Juli lalu. Astra Financial membantu menyerahkan 2 unit ventilator di Sumatera Utara.

Grup Astra juga akan menyerahkan 40 unit ventilator, di mana Astra Financial mendapat porsi 15 unit ventilator dan diawali dengan penyerahan 5 ventilator di Provinsi Jawa Tengah dan dilanjutkan dengan penyerahan yang kedua di Sumatera Utara, lalu penyerahan ketiga dilangsungkan di Singkawang dan terakhir donasi ke untuk masyarakat Jawa Barat.

Berikutnya, dalam waktu dekat akan diserahkan juga tiga ventilator dari PT Federal International Finance m(FIFGROUP) yang dibagikan ke Nusa Tenggara Barat (1 unit) dan Bali (2 unit).

Grup Astra telah menyerahkan bantuan mulai dari April 2020. Hingga saat ini, Astra melalui Nurani Astra telah menyerahkan bantuan senilai Rp 131 miliar. Bantuan yag diberikan bukan hanya ventilator, namun dalam bentuk paket sembako, alat kesehatan dan kendaraan.

Editor: Yuliawati

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait