Arab Saudi Kembali Buka Umrah, Hanya untuk Negara yang Aman Covid-19

Yuliawati
Oleh Yuliawati
23 September 2020, 09:37
Arab Saudi, umrah kembali dibuka, negara aman covid
ANTARA FOTO/REUTERS/Saudi Press Agency/Handout /pras/cf
Umat Muslim di Arab Saudi memakai masker pelindung dan menjaga jarak sosial melakukan Tawaf mengelilingi Ka'bah dalam musim Haji di tengah pandemi penyakit virus korona (COVID-19) di kota suci Mekah, Arab Saudi, Jumat (31/7/2020).

Pemerintah Arab Saudi kembali membuka layanan umrah setelah sempat menghentikan sementara demi mencegah penularan virus corona. Layanan ibadah umrah kembali dibuka pada  4 Oktober untuk jamaah yang tinggal di wilayah Arab. Kemudian mulai 1 November 2020, umrah terbuka bagi jamaah dari luar negeri yang negaranya dianggap aman dari Covid-19. 

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan ini melalui kantor berita Arab Saudi (SPA) pada Selasa (22/9) waktu setempat. Pemerintah Arab tetap membatasi jumlah layanan umrah dan kunjungan ke Masjid Nabawi sebagai langkah pencegahan penularan virus.

Advertisement

Pada tahap pertama, jamaah yang dapat mengikuti layanan umrah maksimal 6.000 orang per hari. Jumlah ini hanya sebanyak 30% dari kapasitas normal 20.000 jamaah yang mendapat izin melaksanakan ibadah umrah per hari.

Kemudian pada tahap kedua, pemerintah Arab akan akan menambah kapasitas umrah harian menjadi 75% mulai 18 Oktober 2020.

Pada tahap ketiga mulai awal November nanti, otoritas Arab Saudi menambah kapasitas maksimal 100% atau 20.000 jamaah per hari. Kunjungan ke Masjid Nabawi juga ditambah menjadi sesuai kapasitas maksimal 100 persen. Saat itu Saudi mulai mengizinkan jamaah umrah dari luar negeri, namun hanya sebatas negara yang dianggap aman.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement