Inggris Danai Uji Coba Penyuntikan Virus Corona ke Tubuh Relawan

Yuliawati
Oleh Yuliawati
21 Oktober 2020, 12:01
pandemi corona, virus corona, vaksin corona, uji coba vaksin dengan virus corona
ANTARA FOTO/REUTERS/Adnan Abidi/hp/cf
Seorang tenaga kesehatan memakai alat pelindung diri (APD) berdiri di samping jenazah seorang pria yang meninggal dunia akibat penyakit virus korona (COVID-19) sebelum dikremasi di sebuah krematorium di New Delhi, India, Senin (28/9/2020).

Pemerintah Inggris Raya mengadakan uji coba vaksin dengan menyuntikkan virus corona dalam dosis rendah. Inggris mendanai uji coba sebesar 33,6 juta poundsterling atau sekitar Rp 582 miliar untuk riset yang dikerjakan unit perusahaan Open Orphan Plc yang berbasis di London, hVivo.

Penelitian ini menyasar para relawan dari kalangan muda yang sehat. Rencananya uji coba dilakukan di unit penelitian Royal Free Hospital, London bersama Imperial College London.

Advertisement

Uji coba ini diharapkan menjadi titik balik perdebatan terhadap challenge study manusia dan membantu peneliti menghadapi potensi risiko. Hasil dari penelitian dinilai dapat memberi wawasan baru untuk peneliti terkait virus corona dan kandidat vaksin.

“Banyak yang dapat kita pelajari dalam hal imunitas, lamanya perlindungan vaksin, dan kemungkinan terjadinya infeksi ulang,” kata Ketua Gugus Tugas Vaksin Kate Bingham, dikutip dari Bloomberg, Selasa (20/10).

Uji coba menyuntikkan virus corona ini menjadi perdebatan etis di kalangan peneliti. Alasannya, beberapa orang muda yang sehat juga mengalami komplikasi berbulan-bulan setelah mengalami gejala ringan.

Kompetitor pengembang vaksin lainnya, Pfizer dan AstraZeneca mengatakan tidak berencana untuk melakukan studi serupa. Sedangkan perusahaan Johnson & Johnson masih mempelajari efektivitas penelitian seperti itu.

Direktur Jenner Institute Oxford University, Adrian Hill mengatakan alasan uji coba ini dilakukan di Inggirs karena peneliti dan regulator memiliki pengalaman dalam challenge study pada manusia.

Mengutip dari CNBC, hVivo sudah menjalankan banyak challenge study pada manusia yang aman untuk penyakit lain dibanding perusahaan global lainnya. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement