Distribusi Vaksin Astrazeneca Bakal Meleset dari Target Akhir Tahun

Yuliawati
Oleh Yuliawati
5 November 2020, 14:56
vaksin virus corona, pandemi corona, virus covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Nick Oxford/wsj/dj
Pendeta berdoa bersama pasien yang sedang dalam pemeriksaan untuk virus corona di SSM Healt Rumah Sakit St. Anthony di tengah pandemi virus corona (COVID-19), di Shawnee, Oklahoma, Amerika Serikat, Kamis (23/4/2020).

Distribusi vaksin virus corona produksi AstraZeneca kemungkinan meleset dari target pada akhir tahun ini. Kepala Uji Vaksin Oxford University Andrew Pollard mengatakan vaksin AstraZeneca bekerja sama dengan Oxford belum dapat disuntikkan sebelum Natal.

“Tim Oxford yang bekerja sama dengan perusahaan AstraZeneca belum melihat hasil apapun untuk mengetahui apakah vaksin berhasil melindungi orang dari virus atau mencegah mereka dari infeksi parah,”  kata Pollard kepada Komite Science and Technology Parlemen Inggris, dikutip dari The Guardian, Rabu (4/11).

Advertisement

Namun, pihak Oxford optimistis dapat menganalisis vaksin di akhir tahun untuk memberikan data tersebut kepada otoritas regulasi. “Kami benar-benar membutuhkan itu sehingga pemeriksaan dilakukan sangat cermat dalam uji klinis, untuk melihat integritas dan kualitas data, serta memverifikasi kebenaran hasilnya,” ujar Pollard.

Kepala Gugus Tugas Vaksin Inggris Kate Bingham mengatakan memerlukan waktu berminggu-minggu lagi untuk dapat melihat data sementara vaksin Oxford-AstraZeneca dan BioNTech-Pfizer.

Meski diperlukan waktu lebih lama untuk mengetahui data sementara, tetapi Bingham menyatakan bahwa pembuatan vaksin sudah sangat maju. Perusahaan bioteknologi meningkatkan kecepatan produksi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement