Menlu Retno Pimpin Program WHO untuk Pengadaan Vaksin Covid-19

Yuliawati
Oleh Yuliawati
13 Januari 2021, 15:29
Menlu Retno Marsudi, program Covac, WHO
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi terpilih sebagai salah satu co-chairs program pengadaan vaksin WHO.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi terpilih menjadi salah satu ketua bersama (co-chair) untuk program COVAX AMC Engagement Group yang diinisiasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Aliansi Vaksin (GAVI).

Selain Menlu RI, dua perempuan lain menjadi ketua yang sama  yakni Menteri Kesehatan Ethiopia Lia Tadesse dan Menteri Pembangunan Internasional Kanada Karina Gould. Ketiga co-chair ini bertugas mengawal program pengadaan dan distribusi vaksin COVID-19 bagi 92 negara yang tergabung dalam COVAX AMC.

Pemilihan ketua melalui online voting di Jenewa (12/01) dengan Retno mengumpulkan suara terbanyak yakni 41 % dari total suara yang masuk. Retno menyebut terpilihnya perwakilan Indonesia perlu dimaknai sebagai wujud kepercayaan dunia.

Advertisement

“Merupakan tanggung jawab besar Indonesia untuk mewujudkan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara melalui jalur multilateral. Tanggung jawab besar ini kita upayakan untuk ditunaikan sebaik mungkin,” ujar Retno dikutip dari Antara, Rabu (13/1).

COVAX AMC Engagement Group merupakan forum antar negara AMC dengan negara-negara donor untuk pengadaan dan distribusi vaksin bagi negara AMC.

Melalui forum kerja sama tersebut, 92 negara berpenghasilan rendah dan menengah yang bergabung dalam Fasilitas COVAX, akan memperoleh akses ke vaksin COVID-19 yang aman dan efektif dengan bantuan negara donor.

Fasilitas COVAX sendiri memiliki target pengadaan vaksin bagi 20 persen dari populasi setiap negara AMC, dan mendukung kesiapan negara AMC untuk melakukan rencana vaksinasi nasional.

“Tentunya pengadaan akan dilakukan secara bertahap karena masih terbatasnya vaksin yang tersedia bagi semua negara,” kata Retno.

Indonesia merupakan negara dalam urutan ke-5 yang paling banyak membeli vaksin. Berikut grafik dalam databoks:

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement