Penjualan Mobil Xpander Melonjak 2 Kali Berkat Aturan Pajak 0%

PPnBM nol persen membuat rata-rata penjualan mobil Xpander dan Xpander Cross sekitar 2.100-2.200 unit per bulan.
Image title
6 April 2021, 20:12
penjualan mobil, PPnBM, Xpander
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Mobil Mitsubishi Xpander Cross ditampilkan saat peluncurannya di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Kebijakan relaksasi pajak pembelian atas barang mewah (PPnBM) 0% membuat Mitshubishi menikmati kenaikan penjualan kendaraan yang berada di bawah 1.500 cc. Kendaraan  jenis Xpander dan Xpander Cross naik dua kali lipat dibanding tahun lalu.

Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro meyebutkan rata-rata penjualan Xpander dan Xpander Cross sekitar 2.100-2.200 unit per bulan. Namun, sejak berlaku relaksasi PPnBM, penjualan  meningkat menjadi sekitar 4.500 unit dalam sebulan.

“Kebijakan ini memang berdampak positif dan ke depannya kami akan terus optimalkan program relaksasi PPnBM ini,” kata Irwan dalam Media Gathering secara virtual, Selasa (6/4).

Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura menyebut kebijakan relaksasi PPnBM ini tidak hanya menguntungkan industri otomotif. Namun, menguntungkan konsumen dalam membeli kendaraan baru.

Nakamura mengatakan perusahaan meningkatkan produksi seiring kebijakan tersebut. Namun dia menyatakan permintaan masih lebih tinggi dibanding pasokan. "Masyarakat jangan sampai kehilangan kesempatan ini,” kata Nakamura.

Mitsubishi memproyeksikan pasar otomotif pada 2021 akan lebih baik dibandingkan tahun lalu. MMKSI menargetkan total penjualan 90.000 unit, terdiri dari 60.000 unit kendaraan penumpang dan 30.000 unit kendaraan niaga ringan.

Untuk mencapai target tersebut, MMKSI menyiapkan berbagai strategi. Di antaranya meluncurkan produk baru dan mengembangkan 164 diler resmi khusus kendaraan penumpang Mitsubishi Motors. Selain itu, Mitsubishi akan meningkatkan layanan penjualan, purna jual dan menggencarkan promosi.  

Penjualan kendaraan Mitshubishi selama pandemi corona mengalami penurunan. Berdasarkan data penjualan retail Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), sepanjang 2020 Mitshubishi menjual kendaraan penumpang dan niaga ringan 54,768 unit atau turun 57,2% dari 2019.



Kendaraan yang paling laris yakni Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, dan Outlander PHEV. "Perinciannya Xpander terjual 14.301 unit dan Xpander Cross sebanyak 11.267 unit," kata Irwan.

Pajero Sport menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan pangsa pasar 53,2% . Sejumlah merek mobil Mitsubishi lainnya juga menjadi pemimpin pasar di kelasnya, yakni L300 menjadi pemimpin pasar di kelas Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60,6%. Triton pun menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan pangsa pasar 53,6% di sepanjang 2020.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Yuliawati
Video Pilihan

Artikel Terkait