Ahok Dorong Pertamina Gandeng Mitra Strategis untuk Kelola Blok Rokan

Image title
13 April 2021, 17:22
Ahok, Blok Rokan
Chevron
Pertamina membutuhkan mitra strategis agar optimal mengelola Blok Rokan.

Pengelolaan Blok Rokan di Riau yang merupakan salah satu lapangan minyak dan gas (migas) terbesar di Indonesia, akan berpindah tangan ke PT Pertamina Hulu Rokan pada 9 Agustus 2021 nanti. Menjelang alih kelola itu, muncul kekhawatiran produksi migas Blok Rokan menjadi jeblok, seperti ketika Blok Mahakam diambil alih Pertamina.

Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mendorong agar Pertamina segera menggandeng partner atau mitra strategis. "Sudah kami sampaikan untuk buka kerja sama dengan strategic partner sesuai dengan kewajiban yang tertulis dari Kementerian ESDM," kata Ahok kepada Katadata.co.id, Selasa (13/4).

Advertisement

Adapun menurut Ahok proses pencarian partner sudah berlangsung. Meski demikian ia tak membeberkan secara detail mengenai proses tersebut.

Corporate Secretary Subholding Upstream Pertamina Whisnu Bahriansyah mengatakan proses pencarian partner untuk pengelolaan Blok Rokan masih berlangsung. Whisnu menyebut persyaratannya diatur dalam Surat Keputusan Menteri ESDM.

ESDM mengatur Pertamina dan atau afiliasinya wajib bermitra dalam pengelolaan Wilayah Kerja Rokan yang memiliki kemampuan dalam bidang hulu migas. Khususnya sebelum alih kelola Blok Rokan pada Agustus mendatang.

Pertamina akan mencari mitra yang memiliki kemampuan modal dan diutamakan memiliki teknologi yang mendukung dalam pengembangan Blok Rokan. "Baik melalui pengembangan EOR, metode unconventional dan sebagainya," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement